Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Gigi Belakang Patah

Kamis 28 Aug 2014 11:54 WIB

Red: Nidia Zuraya

Gigi Belakang Patah

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, gigi bagian belakang saya nampaknya patah sebagian dan menjadi berlubang menghitam kalau dilihat menggunakan kaca, kerap kali pula terasa ngilu dan sakit, tapi bila dilihat keseluruhan nampak masih baik, apa yang seharusnya dilakukan dok? Dicabut atau ditambah saja?

Andri (28 tahun)

Jawaban:

Salam kenal Andri, terima kasih atas pertanyaannya. Mengenai keluhan Andri pada gigi yang sudah berlubang pada bagian belakang tentunya dilihat dahulu gigi yang mana.

Apabila gigi tersebut adalah gigi geraham bungsu karena alasan tidak ada fungsinya, susah untuk dibersihkan atau sulit dilakukan perawatan saraf gigi (Endodontic Treatment) sebaiknya gigi tersebut dilakukan pencabutan. Namun jika yang terjadi pada geraham pertama atau kedua tentunya harus dilakukan pemeriksaan lebih seksama dibantu dengan roentgen foto untuk melihat dalamnya kerusakan atau lubang sampai seberapa dalam.

Jika sudah mengenai ruang saraf gigi sebaiknya dilakukan perawatan Endodontic atau dilakukan pencabutan. Namun jika masih jauh dari ruang saraf gigi dapat dilakukan penambalan.

Untuk lebih jelasnya Andri untuk berkonsultasi langsung ke dokter gigi langganan Andri untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga dapat menjawab pertanyaan dari Andri. Salam Senyum Sehat.


drg Samdharu P. Mphil, SpProst
Spesialis Kesehatan Gigi & Mulut di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA