Tuesday, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Tuesday, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

KIPC Kembali Pamerkan Foto-Foto Destinasi Tanah Air

Selasa 15 May 2018 04:50 WIB

Red: Hazliansyah

Pameran Kemilau Indonesia Photo Contest 2018

Pameran Kemilau Indonesia Photo Contest 2018

Foto: ist
KIPC merupakan ajang yang diselenggarakan Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang perlombaan dan pameran Kemilau Indonesia Photo Contesct (KIPC) sukses digelar. Sebanyak 2.531 foto terkumpul dan puncaknya diselenggarakan pameran terhadap karya-karya foto pemenang dan nominasi di event Gebyar Budaya dan Wisata Nusantara (GWBN) 2018 pada 11 hingga 13 Mei kemarin di JCC, Senayan, Jakarta.

KIPC merupakan ajang yang diselenggarakan Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) dalam turut menyukseskan promosi Visit Wonderful Indonesia (ViWI). Ke-18 Destinasi yang dimaksud adalah : Danau Toba, Kepri, Padang, Belitung, Palembang, Jakarta, Bandung, Joglosemar, Surabaya-Bromo Tengger Semeru, Jember-Banyuwangi, Bali, Lombok, Balikpapan, Makassar, Manado-Bunaken, Wakatobi, Labuan Bajo, dan Raja Ampat.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana mengapresiasi semangat Forwapar untuk mendukung program ViWI. Menurutnya, dengan dengan adanya KIPC bisa memberikan masukan dan inspirasi baru terhadap upaya pengembangan pariwisata.

"Kami melihatnya ini sangat bagus karena foto adalah bahasa visual terhadap pariwisata dalam kaitannya dengan  18 destinasi yang ada di Visit Wonderful Indonesia 2018,” kata Pitana dalam keterangan tertulis, Senin (14/5).

Pitana juga berharap, KIPC 2018 mampu memberikan cara pandang baru bagi orang untuk kemudian bisa tertarik mendatangi destinasi yang ditampilkan dalam foto. Terlebih tahun 2018 mendatang akan ada dua agenda besar yakni pagelaran Asian Games 2018 yang dipusatkan di Jakarta dan Palembang serta Annual Meeting IMF-World Bank di Bali yang bisa kita jadikan momentum untuk mendulang wisman ke Indonesia.

"Percuma kita menampilkan foto tapi tidak menjadikan orang untuk berkunjung,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forwapar Fatkhurrohim mengatakan, penyelenggaran KICP tahun 2018 disambut antusias oleh masyarakat. Terbukti, terdapat 2.531 foto yang ikut lomba di event yang sudah kali ke-2 diselenggarakan ini.

"Tahun lalu hanya terkumpul sebanyak 773 karya foto. Sedangkan pada lomba tahun ini meningkat tiga kali lipat atau sebanyak  2.531. Dan 60 persen peserta lomba dari daerah yang ada di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Fatkhurrohim yang juga Ketua Pelaksana KICP 2018 menambahkan, dari hasil lomba yang resmi dibuka 31 Maret 2018 silam, terpilih sebanyak 50 karya foto pilihan yang masuk nominasi serta terpilih tiga juara untuk foto tunggal dan tiga juara untuk foto story.

Untuk juara pertama foto tunggal dimenangkan oleh Dezmond Manullang, dengan tema Wonderful Night Borobudur. Sedangkan untuk juara kedua dimenangkan oleh  I Putu Sukman Ghita dengan tema foto Omed-omedan, Bali. Dan ketiga ada Hadiyanto Nyali , dengan tema foto Enjoy Your Life Raja Ampat," katanya.

Sedangkan untuk foto story dimengangkan oleh Arif Hidayat dengan tema foto Wayang Sriwedari, Solo. Lalu juara dua berhasil direbut Wawan dengan tema foto Berburu Nyale, Lombok. Dan ketiga yang dimenangkan oleh Fitra Yogi dengan tema foto Menjaga Cita Rasa Rendang, Padang.

Fatoer, sapaan akrab Fatkhurrohim menjelaskan, para pemenang lomba dipilih oleh lima juri profesional yang pengalaman di bidangnya seperti pengajar fotografi, photo traveler, dan pewarta foto nasional. Kurasi foto dilakukan secara ketat dengan melihat keindahan obyek wisata di suatu daerah berupa seni budaya, alam, dan buatan termasuk destinasi wisata digital yang tengah digandrungi wisatawan zaman now.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA