Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Abdullah Hehamahua, Sarinah, dan Pengamanan Sidang MK

Selasa 18 Jun 2019 04:17 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Polisi berjaga di depan Gedung Sarinah di bilangan Jl Thamrin. Mereka juga sekaligus mengawasi suasana Gedung Bawaslu yang tepat di seberangnya.

Polisi berjaga di depan Gedung Sarinah di bilangan Jl Thamrin. Mereka juga sekaligus mengawasi suasana Gedung Bawaslu yang tepat di seberangnya.

Foto: Muhammad Subarkah
Ketatnya pengamanan sidang MK terasa hingga banyak tempat.

Oleh: Muhammad Subarkah, Jurnalis Republika.

''Wah Pak Polisi terus berjaga di sini sampai tgl 2 Juli nanti!'' Pernyataan ini ditegaskan oleh seorang penjaga parkir gedung pusat perbelanjaan Sarinah. Dia berkata riang dan tanpa sungkan, meski cuaca sekelilinga pada Senin lepas dini hari (17/6) meremang. Lampu jalan kerlip kerlip. Ruas jalan MH Thamrin yang ada di seberangnya meremang.

''Lumayan banyak Pak Polisi yang jaga. Mereka gantian. Setiap pagi mereka lari pagi di sekitar sini,'' tukasnya lagi.

Apa yang dikatakan tukang parkir ini benar adanya. Pada malam itu terlihat begitu banyak petugas polisi terlihat berjaga. Sebagian ada yang duduk di pintu masuk Sarinah dari arah jalan MH Thamrin. Yang lain tampak bergerombol bersantai. Sebagina diantaa mereka bercengkerama ramai-ramai ngobrol dan makan ayam goreng MC Donal atau KFC. Mereka terlihat bahagia bila melihat raut wajahnya.

''Sebagian memang ada di sini. Pak polisi itu tidurnya di lantai atas Plaza Sarinah. Yang lainnya misalnya yang berjaga di gedung MK, Mahkamah Konstitusi, dan Bawaslu saya tak tahu tidurnya di mana. Saya hanya tahu jumlahnya cukup banyak -sekitar 500 orang-- karena setiap pagi terlihat berolah raga,'' kata petugas parkir itu lagi.

Dan memang berbeda dengan penjagaan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ada di Jalan Diponegoro, penjagaan di Plaza Sarinah tergolong cukup longgar. Di sana memang terlihat banyak personel polisi yang lalu lalang. Tapi tak ada pagar kawat berduri atau penjagaan dengan memakai anjing seperti di gedung KPU. Bedanya lagi, kalau malam suasana gedung KPU remang-remang, sedangkan suasana di Plaza Sarinah tetap seperti sedia kala, banyak lampu dan meriah.

Bagaimana suasana penjagaan di Gedung Bawaslu yang ada persis di depan Sarinah, pada malam itu terkesan biasa saja. Gedung itu memang berpagar tinggi jadi lalu lalang petugas keamanan tak terlihat. Namun, petugas Polisi yang berjaga di depan Sarinah tetap mengawasi sekitar gedung Bawaslu yang sebulan silam menjadi ajang kerusuhan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA