Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Rumah untuk Mustahik

Ahad 11 Nov 2018 06:31 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Proses pembangunan rumah Ramdan oleh IZI.

Proses pembangunan rumah Ramdan oleh IZI.

Foto: Dokumentasi IZI
IZI membangun rumah untuk mustahik yang sudah tiada.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: @Nana Sudiana, Direktur Pendayagunaan IZI

Hari ini, tepat 10 November 2018, menjadi hari membahagiakan bagi keluarga almarhum Ramdan. Ramdan di usianya yang menjelang 14 tahun, Agustus kemarin telah Allah ambil kembali ke haribaan-Nya. Ia telah tiada, tetapi semangat dan cita-citanya untuk membahagiakan orang tua dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama tak ikut terkubur bersama jasadnya.

Ramdan bukan hanya dikenang keluarga serta kerabatnya, bagi IZI Ramdan juga sosok istimewa. Ia sejatinya mustahik IZI sejak lama, tetapi memberikan spirit perjuangan bagi seluruh amil yang ada di IZI. Di balik sosoknya yang ringkih dan tak berdaya, Ramdan adalah anak yang kuat mentalnya dan terus berjuang untuk bisa sembuh dan menjadi selayaknya manusia yang lainnya.

Siapa Ramdan ini sebenarnya? Ramdan adalah penderita kanker kulit sejak usia satu tahun dalam kehidupannya. Penyakit Ramdan bermula dari bercak kecil di sekitar kelopak mata sampai menjalar ke seluruh tubuhnya.

Secara medis, penyakit Ramdan termasuk jenis yang langka dan menurut sejumlah dokter yang menanganinya, tidak dapat disembuhkan dalam ilmu kedokteran. Dalam rangka ikhtiar, keluarga Ramdan menemani Ramdan untuk operasi pada penyakitnya hingga sepuluh kali sampai Allah memanggilnya.

Selama menderita sakitnya, tubuh Ramdan sama sekali tidak dapat berinteraksi dengan sinar, baik sinar matahari maupun sinar lampu. Dalam kehidupan sehari-hari Ramdan hanya ditemani keluarganya, tetapi Ramdan tidak berkecil hati, ia tetap bersemangat untuk belajar.

photo

Rumah Ramdhan yang sudah selesai dibangun. (foto: dokumentasi IZI)

Selama berinteraksi dengan Tim IZI yang sering menemaninya bolak-balik dari dari Cikalong, Bandung Barat, ke rumah sakit di Kota Bandung, Ramdan sempat bercerita bahwa dirinya bercita-cita menjadi seorang arsitektur karena ingin membangunkan rumah bagi keluarga tercinta. Hal ini disebabkan kondisi rumah yang ditinggali Ramdan memang memprihatinkan.

Rumah panggung ciri khas bangunan Sunda yang terbuat dari kayu dan bilik tersebut membuat banyaknya pantulan cahaya masuk ke dalam. Di moment Milad IZI kedua di tahun lalu, Ramdan juga mengungkapkan hal yang sama seusai mendapat hadiah dari IZI berupa meja gambar untuk dirinya agar bisa menghasilkan gambar dengan lebih baik lagi.

Kini di Milad IZI ketiga, bagi IZI ada tekad terus membantu Ramdan menyelesaikan cita-citanya, mewujudkan rumah bagi bapak dan ibu serta adiknya Ramdan. Ramdan sudah meninggal, tetapi janji dan cita-cita IZI untuk membantu Ramdan tak begitu saja berhenti setelah jasadnya kembali ke bumi. Di moment inilah, hari ini, tepat 3 tahun IZI lahir dan berkiprah di bumi Nusantara, IZI mempersembahkan sebuah rumah mungil nan sederhana bagi keluarga Ramdan.

Ramdan dan keluarganya bagi IZI sejatinya adalah bagian dari tugas besar IZI untuk menolong dan memudahkan kehidupan mustahik dan keluarganya. Ramdan dan keluarganya juga adalah bagian dari 233.398 mustahik dan keluarganya yang IZI telah bantu selama rentang tiga tahun ini.

Sebagaimana cita-cita besar IZI yakni untuk terus menjadi bagian kebaikan umat dan berkontribusi bagi kemudahan hidup mustahik -sesuai kemiripan pelafalan namanya- "Easy" (mudah). Tagline yang diusungnya adalah "mudah, dimudahkan". Berawal dari keyakinan bahwa jika seseorang memudahkan urusan sesama, maka Allah SWT akan memudahkan urusannya, Insya Allah.

Karena itu, IZI bertekad untuk mengedukasi masyarakat, yaitu zakat itu mudah, membangun sarana pelayanan agar zakat dapat ditunaikan dengan mudah, menyediakan program-program yang efektif yang dapat mengantarkan kehidupan para mustahik agar menjadi lebih mudah.

Inilah parameter utama dalam mengukur kinerja pengabdian IZI bagi masyarakat. Penerjemahan program IZI dari tekad tadi akhirnya dipilih yang sederhana juga. IZI dalam rentang tiga tahun ini konsisten melakukan pengabdian bagi umat dan bangsa ini di lima kelompok program yakni: IZI to Succes, IZI to Smart, IZI to Fit,  IZI to Help dan IZI to Iman.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES