Tuesday, 16 Jumadil Awwal 1440 / 22 January 2019

Tuesday, 16 Jumadil Awwal 1440 / 22 January 2019

Memetik Ilham dari Ustaz Arifin Ilham

Jumat 11 Jan 2019 00:24 WIB

Red: Elba Damhuri

Irwan Kelana dan Ustaz Arifin Ilham.

Foto:
Demo 411, Ustaz Arifin Ilham berada di depan bahkan kena semprot gas air mata.

Ia ulama yang berani berpendirian dan bersikap tegas. Sikapnya jelas, tidak abu-abu. Meskipun demikian, ia tidak pernah menyakiti hati orang yang berbeda sikapnya dengan dia.

Demo 411, Ustaz Arifin berada di depan. Bahkan ia kena semprot gas air mata.

Demo  212, Ustaz Arifin berada di barisan paling depan. Ia memimpin zikir dan doa, dan meminta kepada Allah agar Allah menurunkan hujan saat menjelang masuknya waktu Zhuhur di hari Jumat itu.

Terkait persekusi ulama, Ustaz Arifin mengkritik keras, dan menyatakan akan berjihad kalau persekusi terhadap ulama masih saja terjadi. Ucapan Ustaz Arifin mendapatkan respons positif dari pimpinan Polri. Mereka berjanji tidak akan membiarkan kejadian tersebut terulang kembali.

Meskipun berani menunjukkan sikapnya secara jelas, Ustaz Arifin tetap berhubungan baik dengan mereka yang berbeda pilihannya dengan dirinya. Ia tetap bisa bersilaturahim dengan mereka. Bahkan ia pun tak segan bercanda dengan mereka. Ini barangkali yang menyebabkan begitu banyak tokoh, baik yang pro pemerintah maupun pengkritik pemerintah, datang ke RSCM untuk membesuk Ustaz Arifin.

Ustaz Arifin adalah sosok yang tak mau menyusahkan orang lain. Kalau sakit, apalagi dirawat di rumah sakit, dia selalu menegaskan kepada keluarga dan para sahabat di Majelis Az-Zikra untuk menyembunyikan hal tersebut dari masyarakat. Ia tidak mau masyarakat jadi sibuk dan repot membesuknya di rumah sakit.

Salah satu hal yang selalu saya ingat adalah tatkala saya membuka usaha Bakmi Langgara di Sawangan, Depok, pertengahan tahun 2000-an. Ustaz Arifin sering mampir ke warung bakmi saya. Tapi ia tidak pernah mau saya traktir. “Kalau gak boleh bayar, Arifin enggak mau mampir lagi. Abang ‘kan usaha. Gak boleh gratis. Nanti Abang rugi,” begitu alasannya.

Biasanya, sekitar setengah jam sebelum sampai di warung bakmi, Ustaz Arifin menelepon saya. Ia memesan menu makanan untuk seluruh anggota rombongannya. Tujuannya, agar saat ia dan rombongan tiba di warung bakmi, menu makanan yang dipesan sudah siap. Menu favoritnya adalah ifumi.

Di penghujung tulisan ini, mari kita doakan Ustaz Arifin Ilham, semoga segera disembuhkan oleh Allah dan dapat kembali melaksanakan kegiatan dakwahnya yang selalu ditunggu oleh umat.

Seperti kata Ketua ICMI, Prof Jimly Ashshiddiqie, saat menjenguk Ustaz Arifin di RSCM, Selasa (8/1), “Ustaz, cepat sembuh ya. Umat masih sangat membutuhkan Ustaz.”

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA