Senin , 07 Nov 2016, 09:33 WIB

Yuk, Dukung Lagi Nominasi Indonesia di World Halal Tourism Award

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/ Yasin Habibi
Peserta karnaval budaya Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti parade saat promosi budaya dan pariwisata Lombok Sumbawa di car free day Jalan Thamrin, Jakarta, Ahad (17/7).  (Republika/Yasin Habibi)
Peserta karnaval budaya Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti parade saat promosi budaya dan pariwisata Lombok Sumbawa di car free day Jalan Thamrin, Jakarta, Ahad (17/7). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Sebanyak 12 nominator yang didorong Kementrian Pariwisata RI di pentas World Halal Tourism Award 2016 (#WHTA2016) lolos semua ke babak final. Tidak sia-sia, semua daerah bergerak, warganet menjaring suara melalui online, publik berpartisipasi secara offline. Hasilnya, dari 24 Oktober sampai 6 November 2016, ke-12 jagoan Indonesia masuk 5 besar. Nah, ke-5 besar ini akan berjuang lagi melalui vote di bit.ly/VOTEIndonesia mulai 7-24 November 2016.

“Tidak ada pilihan lain, kecuali harus sapu bersih tanpa sisa, ke-12 nomor itu! Yuk vote lagi, beri suara buat #MenangkanIndonesia. Ingat, kemenangan itu direncanakan!” kata Menpar Arief Yahya.

Jika melihat peta kekuatan finalis, kata dia, tahun ini sepertinya Malaysia lebih all out, lebih ngotot, lebih serius, lebih masif, lebih agresif dibandingkan dengan tahun 2015 lalu. Konon, Malaysia mengikuti 11 kategori dengan posisi hasil voting sementara putaran pertama menempatkan 4 kategori 5 besar. Diantaranya, World's Best Family Friendly Hotel, Westin Kuala Lumpur dengan terpaut jumlah voters yang signifikan dengan peringkat kedua dari Indonesia, The Rhadana Kuta, Bali. Masih ribuan point selisihnya.

Kedua, kategori World's Best Halal Honeymoon Destination. Malaysia juga unggul jauh dari wakil Indonesia Sembalun Valley Region, West Nusa Tenggara, yang terdampar di peringkat 3. Ketiga, kategori World's Best Halal Destination, Malaysia juga mengalahkan Indonesia West Sumatera di peringkat ke-2 dengan selisih 2 ribu lebih. Keempat, World's Best Halal Culinary Destination, Malaysia lagi-lagi lebih unggul suara di atas seribu suara dengan Indonesia Sumatera Barat yang bertengger di peringkat ke-3.

Khusus 4 nomor itu, kata Menpar Arief Yahya, harus digempur habis, bergerak bersama-sama di semua lini. Dia menginstruksikan kepada Ketua Tim Pemenangan #WHTA2016 Don Kardono bersama Wakil Ketua Vita Datau, serta anggota tim yang terdiri dari para rektor dan pimpinan akademi Pariwisata serta Politeknik Pariwisata yang berada di bawah kendali Kemenpar dan T. Rahmadi.

Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Kemenpar, Riyanto Sofyan juga menganalisa dari monitoring data. Menurut dia, Malaysia bergerak sangat agresif. Menurut dia, Kampanye Voting WHTA 2016 putaran ke-dua, 7–24 November 2016 ini, harus lebih focus untuk menang. Caranya, memviralkan petunjuk dan teknis voting kepada para voters, yaitu berupa proses voting yang dimulai dengan meng-entry data (nama, e-mail, sektor industri) saat melakukan voting nominator, diakhiri dengan meng-klik “SUBMIT”.

Lalu, kampanye melalui iklan TV/TVC dan media cetak/online. Dan itu semua harus dilakukan secara simultan. Memang, problem terbesar adalah tidak punya slot lagi di TV-TV Swasta Nasional yang bisa mensupport program nasional ini dengan suka rela. “Mungkin kompensasinya perlu Gathering dan Media Gathering untuk menggalang dukungan pemenangan WHTA 2016,” kata Riyanto.

Riyanto Sofyan juga mengusulkan ada Endorser seperti public figure dan personal yang memiliki komunitas atau follower yang banyak. Mereka perlu membantu untuk gerakan aktivasi event dan kampanye offline ke komunitas secara massal.

Mari ikuti voting putaran kedua untuk menentukan Sang Pemenang. Mulai 7-24 November 2016, nge-vote dan sebarluaskan ke kawan yang bisa membantu mempercepat jumlah suara. Cara Voting-nya: klik di link bit.ly/VOTEIndonesia. Isi biodata di form (nama, email, bisang industri) dan kemudian klik LIST nominator di masing-masing kategori dan pilih nominator dari Indonesia di masing-masing kategori sebagai berikut:

1. World’s Best Airline for Halal Travellers, *Garuda Indonesia*
2. World’s Best Airport for Halal Travellers, *Sultan Islandar Muda International Airport, Aceh Indonesia*
3. World’s Best Family Friendly Hotel, *The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia*
4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel, *Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia*
6. World’s Best Halal Beach Resort, *Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, West Nusa Tenggara Indonesia*
7. World’s Best Halal Tour Operator, *Ero Tour, West Sumatera Indonesia*
8. World’s Best Halal Tourism Website, *www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia*
10. World’s Best Halal Honeymoon Destination, *Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia*
11. World’s Best Hajj & Umrah Operator, *ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia*
13. World’s Best Halal Destination, *West Sumatera, Indonesia*
14. World’s Best Halal Culinary Destination, *West Sumatera,  Indonesia*
15. World’s Best Halal Cultural Destination, *Aceh Indonesia*

Setelah selesai semua, klik *SUBMIT*. Dan bila voting sudah lengkap terkirim akan mendapatkan notifikasi dari web respons langsung dan email.