Rabu , 12 Oct 2016, 13:06 WIB

Festival Pulau Tomia Dongkrak Kunjungan Wisman ke Wakatobi

Red: Dwi Murdaningsih
wikipedia
Taman nasional Wakatobi.
Taman nasional Wakatobi.

REPUBLIKA.CO.ID, WAKATOBI -- Atraksi Festival Barata Kahedupa cukup mengundang perhatian penyuka wisata bahari di Wakatobi, 17-24 September 2016 lalu, terutama wisatawan mancanegara. Satu dari 10 Top Destinasi yang sedang diproses Menpar Arief Yahya itu bakal menggelar event untuk mencubit perhatian publik lagi. Titelnya, Festival Pulau Tomia 2016 yang bakal digulirkan 3-6 November bulan depan.

“Ini adalah festival Budaya Wakatobi yang akan berisi kegiatan lomba budaya, pesta kuliner, lomba mancing tradisional, dan lainnya,” kata Arie Prasetyo, PIC Destinasi Wakatobi dari 10 Bali Baru Kementerian Pariwisata RI.

Dia memperkirakan akan banyak wisatawan dari Singapura, Malaysia, Australia yang berkunjung ke Wakatobi. Kegiatan itu akan dipusatkan di Pulau Tomia. Tomia adalah salah satu pulau besar, yang menjadi singkatan 'To' dalam 'Wakatobi'. Itu adalah empat pulau terbesar yang dihuni oleh penduduk, yakni Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Dive site dan snorkel site di Tomia bagus-bagus, karena posisinya memang cukup jauh dari Wangi Wangi, pulau terbesar penduduknya dan yang dibangun Bandara Matahora itu,” kata Arie.

Tomia memiliki beberapa tradisi budaya yang asli. Mereka punya Pesta Adat Safara, setiap Bulan Safar dalam kalender Islam atau Jawa. Juga tradisi Bose–Bose, menghiasi perahu menjadi berwarna-warni, dan dimuati sajian masakan tradisional,  seperti Liwo, lalu diarak mengelilingi pantai dari Dermaga Patipelong menuju Dermaga Usuku sampai ke Selat One Mobaa. Sepanjang perjalanan itu dilakukan prosesi sambil menabuh gendang. Pesta adat ini bertujuan agar semua dosa dapat hanyut bersama riaknya air laut.

Ada juga tari Sajo Moane, tarian sakral yang dimainkan oleh kaum laki–laki. Lalu tari Saride, tarian tradisional yang melambangkan makna persatuan dan kebersamaan dalam kegiatan yang menyangkut kepentingan umum. “Tomia selain alam baharinya bagus, juga memiliki budaya yang kuat. Karena itu di Festival Pulau Tomia 2016 ini akan menjadi arena hiburan yang menyenangkan,” ungkap Arie.

Puncak kegiatan tahun ini adalah Wakatobi Wave (Wonderful Festival and Expo) yang akan diselenggarakan tanggal 1-3 Desember 2016. “Info terbaru, Wings Air akan mulai membuka rute penerbangan baru Makassar-Wakatobi, penerbangan langsung 7 kali sepekan setiap hari mulai akhir Oktober 2016. Ini sebenarnya agak muncur dari jadwal semula yang direncanakan terbang di akhir September 2016 sesuai slot time yang tersedia,” kata Arie.

Arie juga melaporkan, Kemen PU-PERA juga telah melakukan kunjungan untuk mengidentifikasi dukungan 3 bidang, yakni Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman (sanitasi), Bidang Pengembangan Pemukiman, dan Bidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). “Konsultan yang ditugasi oleh Bank Dunia juga sudah melakukan survey dan data collection ke Wakatobi,” ungkap Arie.