Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Perppu Ormas untuk Siapa?

Selasa 24 Oct 2017 13:29 WIB

Rep: Pegirim: Afifatul Faizah/ Red: Elba Damhuri

 Pasukan Asmaul Husna dan massa Aksi Tolak Perppu Ormas shalat zuhur berjamaah dipimpin   seorang imam daro peserta aksi massa,Ustadz Rokhmat S Labib ketua ex HTI selaku Imam shalat Zuhur di Gerbang Komplek Parlemen Senayan, Selasa (24/10).

Pasukan Asmaul Husna dan massa Aksi Tolak Perppu Ormas shalat zuhur berjamaah dipimpin seorang imam daro peserta aksi massa,Ustadz Rokhmat S Labib ketua ex HTI selaku Imam shalat Zuhur di Gerbang Komplek Parlemen Senayan, Selasa (24/10).

Foto: Republika/Singgih Wiryono

REPUBLIKA.CO.ID,  Pemerintah telah mengeluarkan Perppu Ormas dengan dalih adanya kegentingan yang memaksa. Namun, faktanya, kita tidak melihat kegentingan itu. Pertama, jika benar ada kegentingan, mengapa pemerintah malah selalu mangkir dari sidang?

Kedua, para advokat pun mempertanyakan terkait kesesuaian perppu ini dengan teori-teori hukum yang berlaku. Lebih parah lagi, sidang ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Tak hanya itu, kini ormas-ormas Islam juga menolak diberlakukannya perppu ini. Karena diprediksi dalam praktiknya perppu akan menjegal aktivitas dakwah mereka, terutama yang kontra terhadap penguasa.

Jadi, apa sebenarnya alasan pemerintah mengeluarkan Perppu Ormas?

Di samping itu, pemerintah pun telah menabrak banyak aturan/prosedur demi memuluskan ambisinya menerbitkan perppu. Jadi, perppu ini untuk kepentingan siapa?

Afifatul Faizah, Mahasiswa D4 Kearsipan Universitas Terbuka

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA