Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Kampung Inggris di Pare

Selasa 29 Nov 2011 05:00 WIB

Red: Johar Arif

Tugu Garuda Kota Pare

Tugu Garuda Kota Pare

Foto: Harish Xom

Pare adalah sebuah kota kecil yang berada di Kabupaten Kediri. Kota ini sangat terkenal di Kediri dan mungkin di wilayah Jawa Timur. Kota kecil ini menjadi tempat ajang belajar Bahasa Ingris di Indonesia. Maklum, kota ini terkenal karena terdapat sebuah pusat pembelajaran bahasa Ingris. Ada juga bahasa Jepang dan Mandarin.

Kalian yang ingin berminat dan belajar bahasa Ingris dengan cepat segera datang ke Kampung Inggris di Pare. Tepatnya di Desa Tulungrejo, Pare dan Singgahan, Pelem, Pare, Kab. Kediri. Di sana ada banyak berbagai tempat untuk belajar Bahasa Ingris, dari BEC, HEC, MAHESA Institut dan banyak lagi, dari mulai program 2 bulan sampai 9 bulan. Dari Program writing, reading, sampai TOFEL.

Hampir satu kampung dipenuhi kursus Bahasa Ingris dan bahkan dari lulusan sana juga sudah banyak yang mengajar dan mendirikan kursus Bahasa Ingris. Saking banyaknya pendaftaran untuk kursus di Pare ini, harus diadakan seleksi. Siapa yang paling cepat daftar dialah yang mendapatkan kursi. heheheh..

Namun jangan khawatir, masih banyak kursus bertaraf kecil yang menjamur di sekitarnya. Dalam satu tahun, Kampung Inggris ini dibuka 4 kali, yakni setiap 3 bulan sekali pada tanggal 1 dan 25.

Di sana juga banyak disediakan tempat kos bahkan asrama baik untuk putri dan putra, atau sering juga disebut CAMP. Ada juga pondok pesantren. Jangan kawatir jika datang kesana, karena banyak sekali asrama dan kos ataupun CAMP untuk menampung kalian jika kursus di sana.

Wisata di Pare

Biasanya anak-anak Kampung Inggris di Pare yang datang dari berbagai pelosok di seluruh Indonesia berwisata ke Gua Surowono dan candi Surowono, yakni dengan naik onthel (sepeda angin) yang disewakan atau dengan naik kereta wisata jika rombongan. Di dekat kampong itu juga ada Stadion Candra Birawa untuk aktifitas pagi seperti olahraga, jogging, dll. Dan kalau sekedar mengopi bisa di Garuda Park (Tugu Garuda) sambil menikmati indahnya Kota Pare di malam hari.

Lingkungan di Kampung Inggris

Lingkungan di Kampung Inggris ini juga cukup terjaga kebersihanya dan keamanannya. Lingkungan ini bahkan bisa di sebut juga dengan lingkungan Islami, karena setiap untuk les di situ, para perempuan wajib menggunakan kerudung jika beragama Islam. Sementara non-Muslim berkewajiban untuk memakai pakaian yang sopan.

Berikut cara mencapai Kota Pare:

Dari Lamongan dan Tuban: Naik bus jurusan Jombang. Dari Jombang naik bus Jurusan Pare, turun di perempatan Tulungrejo – Pare

Dari Surabaya, Gresik, Madura, Pasuruan: Naik bus jurusan terminal Bungurasih (Purabaya) Surabaya. Kemudian naik bus lagi jurusan Pare (bisa naik Patas Pare-Blitar), turun di perempatan Tulungrejo.

Dari Malang dan sekitarnya: naik bus ke Malang, turun di terminal Malang. Oper naik bus Puspa Indah jurusan Kediri, turun di Tulungrejo Pare.

Dari Nganjuk, Madiun dan sekitarnya: Naik bus Jurusan Jombang, turun di terminal Jombang dan naik bus jurusan Pare, turun di Tulungrejo.

Dari Trenggalek dan Tulungagung: Bisa langsung naik bus Jurusan Pare atau Kediri. Kemudian oper di terminal Kediri naik bus jurusan Pare (Hasti, Pangeran), atau naik bus Jurusan Malang (Puspa Indah), turun di Pelem - Pare.

Alternatif naik kereta: Kereta Jurusan Kediri, turun di Stasiun Papar. Naik angkot jurusan Pare, turun di Kampung Inggris. Atau naik kereta turun di Stasiun Jombang, lalu naik bus jurusan Pare, turun di Tulungrejo.


Harish Xom
harish_xom@yahoo.co.id

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA