Ahad 22 May 2022 21:26 WIB

Presiden Polandia: Ukraina Berhak Menentukan Nasibnya Sendiri

Presiden Polandia: Ukraina Berhak Menentukan Nasibnya Sendiri

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Muhammad Hafil
 Presiden Polandia: Ukraina Berhak Menentukan Nasibnya Sendiri. Foto:  Seorang warga berjalan melewati sebuah rumah yang hancur di Mariupol, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Selasa, 17 Mei 2022.
Foto: AP/Alexei Alexandrov
Presiden Polandia: Ukraina Berhak Menentukan Nasibnya Sendiri. Foto: Seorang warga berjalan melewati sebuah rumah yang hancur di Mariupol, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Selasa, 17 Mei 2022.

IHRAM.CO.ID,WARSAWA -- Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan, Ukraina memiliki hak untuk memutuskan masa depannya sendiri. Hal ini diungkapkan Duda kepada anggota parlemen di Kiev pada Ahad (22/5/2022), saat dia menjadi pemimpin asing pertama yang memberikan pidato secara langsung di parlemen Ukraina sejak invasi Rusia.

Kiev telah mengesampingkan kesepakatan damai apa pun untuk menyerahkan wilayahnya kepada Rusia. Ukraina juga telah menolak seruan untuk gencatan senjata yang melibatkan pasukan Rusia yang tersisa di wilayah yang telah mereka duduki. Ukraina mengatakan, gencatan senjata akan memberikan waktu kepada Moskow untuk membangun kembali pasukannya.

Baca Juga

 "Suara-suara yang mengkhawatirkan telah muncul, yang mengatakan bahwa Ukraina harus menyerah pada tuntutan (Presiden Rusia Vladimir) Putin. Hanya Ukraina yang berhak memutuskan masa depannya," ujar Duda, yang disambut tepuk tangan meriah.

Duda mengatakan bahwa, komunitas internasional harus menuntut agar Rusia menarik diri dari wilayah Ukraina. "Jika Ukraina dikorbankan untuk alasan ekonomi atau ambisi politik, itu akan menjadi pukulan besar tidak hanya untuk bangsa Ukraina, tetapi untuk seluruh dunia Barat," kata Duda.  

Sejak invasi Rusia, Warsawa telah memposisikan dirinya sebagai salah satu sekutu setia Kiev. Polandia juga pendukung kuat sanksi keras terhadap Rusia dan telah vokal dalam mendukung Ukraina menjadi anggota Uni Eropa.

"Saya tidak akan berhenti sampai Ukraina menjadi anggota Uni Eropa," kata Duda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement