Senin 15 Aug 2022 20:35 WIB

Transparansi Pengelolaan Zakat, Baznas Optimalkan Aplikasi Cinta Zakat

Saat ini, aplikasi Cinta Zakat telah tersedia di berbagai platform populer.

Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Badan Amil Zakat Nasional Indonesia (BAZNAS) mengoptimalkan penggunaan aplikasi "Cinta Zakat" guna memastikan pengelolaan dana yang transparan dan akuntabel dengan berprinsip pada 3A yaitu Aman syar'i, Aman regulasi, dan Aman NKRI.

Melalui prinsip itu, BAZNAS memastikan dana yang disalurkan masyarakat sesuai dengan peruntukkannya, menjamin dana tidak disalahgunakan dan tidak membawa gerakan-gerakan ektremisme dalam seluruh kegiatan BAZNAS.

"Saat ini, aplikasi Cinta Zakat telah tersedia di berbagai platform yang popular, seperti Android dan iOS," kata Pimpinan Bidang Pengumpulan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan S.Ag, M.Si dalam siaran resmi pada Senin.

Aplikasi itu juga dapat mendorong BAZNAS untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi keuangan kepada masyarakat utamanya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi muzaki maupun mustahik.

Aplikasi Cinta Zakat juga memudahkan masyarakat dalam memberikan serta memantau donasi mereka secara praktis dan aman, sekaligus mengoptimalkan potensi dana ZIS.

"Aplikasi itu dapat memberikan informasi dan pengalaman distribusi ZIS dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) kepada mustahik yang tepat dan bertanggung jawab. Artinya, audit berkala dapat diakses secara terbuka oleh publik,? ujar Rizaludin.

Rizaludin mengatakan, salah satu indikator bahwa lembaga tersebut telah menjalankan aturan tata kelola yang baik adalah dengan diterimanya predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Kantor Akuntan Publik (KAP).

"Opini WTP dalam laporan keuangan BAZNAS tersebut menjadi bukti pengelolaan dana ZIS yang dihimpun BAZNAS telah dijalankan sesuai aturan dan regulasi penilaian standar keuangan di Indonesia,? tutup Rizaludin.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement