Senin 18 Oct 2021 12:26 WIB

Dompet Dhuafa Gelar Sunat Massal di Timor Tengah Selatan

Dompet Dhuafa gelar sunat massal serta pemeriksaan kesehatan di Timor Tengah Selatan

 Ilustrasi sunat
Foto: Republika On Line/Mardiah diah
Ilustrasi sunat

IHRAM.CO.ID, KUPANG -- Lembaga nirlaba Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa menggelar kegiatan sunat massal serta pemeriksaan kesehatan bagi ratusan warga di Desa Bileon, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.

"Pelaksanaan sunat massal dan pemeriksaan kesehatan ini merupakan aksi kemanusiaan Dompet Dhuafa melalui para relawan untuk membantu warga di pelosok mendapat layanan kesehatan secara gratis," kata Pimpinan Dompet Dhuafa NTT Sriyati, Senin (18/10).

Ia menyebutkan warga yang mengikuti sunat massal di Desa Bileon, Kecamatan Fautmolo, sebanyak 93 orang, sementara pengobatan gratis mencapai sebanyak 152 pasien. Dalam pelaksanaan, kata dia pihaknya menggandeng mitra dari Islamic Medical Service dan Yayasan Asuwain Timor, serta dukungan relawan dokter dari Universitas Nusa Cendana (Undana).

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan dan para pihak terkait mengingat kegiatan dijalankan dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

 

"Protokol kesehatan tetap menjadi perhatian utama dalam kegiatan ini karena melibatkan ratusan warga," katanya.

Sriyati mengapresiasi antusiasme warga yang hadir untuk mendapat layanan kesehatan tersebut, bahkan untuk sunat massal tidak hanya diikuti umat muslim namun warga beragama lainnya di desa setempat. Sementara warga yang mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tensi darah, konsultasi dokter hingga pemberian obat secara gratis.

Tokoh masyarakat Desa Bileon Iskandar mengapresiasi aksi kemanusiaan dari Dompet Dhuafa yang telah mendekatkan akses layanan kesehatan bagi warga setempat.

"Layanan kesehatan secara gratis seperti ini sangat diharapkan warga kami di daerah pelosok ini," katanya.

Iskandar berharap kegiatan seperti ini dijalankan secara berkelanjutan di desa setempat untuk membantu warga tidak mampu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement