Ahad 03 Apr 2022 23:00 WIB

Khatamkan Alquran Selama Ramadhan, ini Caranya

Ada cara yang dapat dilakukan untuk mengkhatamkan Alquran saat Ramadhan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA --  Ada cara yang dapat dilakukan untuk mengkhatamkan Alquran satu kali selama bulan Ramadhan. Cara ini bisa dilakukan asalkan dikerjakan secara konsisten.

Mantan Mufti Mesir, Syekh Ali Jum'ah menjelaskan, Alquran terdiri dari banyak ayat kata, dan huruf. Umat Islam telah menghitung, huruf di dalam Alquran sebanyak 320.015 huruf. Jumlah kata dalam Alquran sebanyak 77.449 kata. Sedangkan jumlah ayatnya ada lebih dari 6.000. Ada yang menyebut 6.236 ayat, ada pula yang menyebut 6204 atau 6226. Dan jumlah suratnya ada 114 surat.

Baca Juga

"Sampai kemudian Imam Mujahid datang dan membaginya menjadi 30 juz sesuai dengan jumlah suratnya. Pembagian setiap juz sama dengan juz yang lain (setiap juz dibagi menjadi 10 lembar atau 20 halaman)," tutur dia seperti dilansir Elbalad, Ahad (3/4).

Syekh Jum'ah mengatakan, pembagian Alquran berdasarkan jumlah juz ini mempermudah setiap Muslim untuk mengkhatamkan Alquran selama bulan suci Ramadhan. Artinya, dalam satu hari seorang Muslim harus membaca satu juz Alquran.

 

Secara lebih rinci, dia melanjutkan, satu juz dapat dibagi menjadi delapan bagian sehingga ada 240 bagian Alquran. Cara pembagian ini bisa memudahkan untuk mengkhatamkan Alquran selama satu bulan.

"Tentu memungkinkan membaca satu juz Alquran setiap hari jika satu halamannya dibaca pada setiap rakaat sholat wajib dan sunnah," paparnya.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk membaca Alquran dan mengkhatamkannya setidak-tidaknya 1 kali dalam sebulan. Dalam riwayat Abdullah bin Amr, Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah (khatamkanlah) Alquran dalam 1 bulan." Lalu Abdullah bin Amr berkata, "Sebetulnya aku mampu lebih dari itu." Setelah itu beliau SAW bersabda, "Kalau begitu, bacalah Alquran dalam 7 hari dan janganlah melewati batas itu." (HR Bukhari)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement