Senin 06 Dec 2021 17:30 WIB

Dinkes Penajam Lakukan Vaksinasi Lansia dari Rumah ke Rumah

Capaian vaksinasi lansia di Penajam Paser Utara rendah.

Dinkes Penajam Lakukan Vaksinasi Lansia dari Rumah ke Rumah. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko/rwa.
Dinkes Penajam Lakukan Vaksinasi Lansia dari Rumah ke Rumah. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, PENAJAM -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur melakukan vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah bagi warga lanjut usia. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Jense Grace Makisurat mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan persentase vaksinasi ke kelompok lansia.

"Petugas atau vaksinator akan melakukan vaksinasi dengan mendatangi langsung rumah lansia sebagai sasaran vaksinasi virus corona," ujarnya, Senin (6/12).

Baca Juga

Ia menyebutkan pencapaian vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia di daerah itu masih rendah. Pencapaian vaksinasi virus corona bagi lansia belum menjangkau target minimal 60 persen sejak dimulainya pelaksanaan vaksinasi untuk lansia.

Ada beberapa faktor yang membuat cakupan vaksinasi lanjut usia tersebut belum berjalan sesuai harapan. Salah satu penyebab rendahnya capaian vaksinasi terhadap lansia tersebut adalah salah tanggap menyangkut vaksin hingga tidak ada yang mengantarkan ke tempat vaksinasi Covid-19.

 

"Vaksinasi kepada lansia masih sekitar 40 persen dari 10.314 sasaran. Sama seperti nasional, persentase lansia itu capaiannya rendah," ucap Grace.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bersama TNI dan Polri saat ini terus gencar melaksanakan vaksinasi massal Covid-19 untuk membentuk kekebalan komunal di daerah itu. Pencapaian vaksinasi dosis pertama sekitar 64 persen dari total sasaran 135.017 jiwa.

Sedangkan vaksin dosis kedua mencapai sekitar 47 persen. Dari angka capaian vaksinasi Covid-19 tersebut hanya petugas pelayanan publik dan tenaga kesehatan yang mencapai lebih dari 100 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement