Selasa 03 Aug 2021 16:20 WIB

Lapangan Masjid di Tebet Jadi Lokasi Vaksinasi

Puskesmas Tebet berkolaborasi dengan Masjid Jami Al Hidayah untuk vaksinasi

Vaksin Covid 19 (ilustrasi)
Foto: PxHere
Vaksin Covid 19 (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pihak Puskesmas Kecamatan Tebet Jakarta Selatan berkolaborasi dengan pengurus Masjid Jami Al-Hidayah untuk menggunakan lapangan masjid sebagai lokasi vaksinasi massal. Pengurus Masjid Al-Hidayah Syaifulloh mengatakan penggunaan lapangan masjid tersebut ditujukan agar masyarakat setempat lebih mudah menjangkau layanan vaksinasi.

"Ini tujuannya mendekatkan warga biar semuanya tervaksin. Jadi enak sambil pengumuman masjid warga datang," kata Syaifulloh di Jakarta, Selasa (3/8).

Lebih lanjut, Syaifulloh menuturkan, pemilihan masjid tersebut sebagai lokasi vaksinasi karena dianggap strategis. "Karena kita yang inginkan di sini, biar kita dekatkan ke warga dan warga datang," tutur Syaifulloh.

Sementara itu, petugas kesehatan Puskesmas Tebet dr Linda menuturkan sentra vaksinasi ini menargetkan 200-250 warga setiap harinya.

 

"Ini sudah kita mulai kemarin, dan akan berlangsung sampai Jumat nanti, kemarin sudah ada 200 divaksin," ungkap Linda.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) mengupayakan agar pondok pesantren (ponpes), tempat ibadah, dan lembaga pendidikan keagamaan lainnya dapat difungsikan sebagai lokasi sentra vaksinasi dalam upaya percepatan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

"Pemerintah sedang menggerakkan percepatan vaksinasi. Kemenag tengah berupaya pro aktif dan berharap rumah ibadah, pesantren, dan lembaga pendidikan keagamaan lainnya bisa dioptimalkan dalam percepatan ini," kata Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Wamenag menilai peran pesantren dan tempat ibadah dalam upaya percepatan vaksinasi sangat sentral di tengah-tengah masyarakat. Ia mencontohkan jika vaksinasi dilakukan di lingkungan pesantren di seluruh Indonesia maka bisa menyasar para santri mulai dari usia 12 tahun termasuk warga sekitar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement