Ahad 06 Jun 2021 12:08 WIB

IPHI Temui Menko PMK Jelang Muktamar, Ini Hasil Pertemuannya

IPHI akan menggelar Muktamar ke-7 di Surabaya Jawa Timur

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ismed Hasan Putro dan segenap Pengurus Pusat IPHI  bersilaturahim dengan Menko PMK, Prof Muhadjir Effendy
Foto: IPHI
Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ismed Hasan Putro dan segenap Pengurus Pusat IPHI bersilaturahim dengan Menko PMK, Prof Muhadjir Effendy

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof DR Muhadjir Effendy mendukung pelaksanaan muktamar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). Muktamar ke-7 IPHI akan digelar 24-25 Juli 2021 di Surabaya.

"Alhamdulillah Muktamar IPHI sudah mendapat dukungan sepenuhnya dari Pak Menko PMK Prof Muhadjir Effendy dan beliau siap hadir memberikan pengarahan," kata Ketua Umum IPHI, H Ismed Hasan Putro, kepada ihram.co.id, Ahad (6/6).

Baca Juga

Ismed mengatakan, pengurus pusat IPHI  telah menemui Menko PMK untuk menyampaikan kegiatan muktamar pada Jumat (4/6) kemarin. Pertemuan langsung ditemui Menko Prof Muhadjir Effendy  dan jajaran.

Ismed mengatakan, Muktamar IPHI ke-7 akan berlangsung di Surabaya pada 24-25 Juli 2021 temanya: “Dengan Kemabruran Haji Kita Bangkitkan Perekonomian Umat Dan Perkokoh Persaudaraan Kebangsaan”.

Pada Muktamar ini, akan hadir utusan dari 32 pengurus wilayah serta sekitar 330 Pengurus Daerah IPHI Kabupaten/Kota yang sudah dikonfirmasi kehadirannya, sejalan dengan hasil Pleno Diperluas terakhir di Jakarta pada 16 Maret 2020. 

Dia mengatakan, mundurnya penyelenggaraan Muktamar dipahami bersama karena Kebijakan Pemerintah tentang pembatasan kegiatan masyarakat karena pandemi Covid-19. "Hal yang sama terjadi pada beberapa ormas nasional lainnya," katanya.

Ismed berharap, pengurus wilayah dan pengurus daerah antusias untuk hadir dan solid mengikuti muktamar di Surabaya ini. Panitia Muktamar siap mengikuti aturan protokol kesehatan sesuai Permenkes, sehingga peserta dibatasi maksimum 50 persen dari kapasitas ruangan.

Pada pertemuan ini, Ismed Hasan Putro juga melaporkan tentang apa yang dilakukan selama ini, utamanya pengembangan eknomi ummat dalam rangka mengamankan kemandirian pangan, kesehatan terutama pendirian klinik haji dan umroh yang juga melayani vaksinasi meningitis.

Sementara itu, Ketua I PP IPHI yang sekaligus Ketua OC Muktamar VII IPHI, Abidinsyah Siregar, dalam Muktamar juga akan dilakukan dialog mengenai bagaimana IPHI dapat menjadi penggerak ekonomi umat. Dan Menko Muhadjir juga akan mendorong dan bersedia memfasilitasi kerjasama antara IPHI dengan BPKH (Badan Pengelolaan Keuangan Haji).

"Dalam hal ini Menko Muhadjir juga mendukung IPHI membentuk Badan Wakaf Stunting, yang diharapkan mampu berkontribusi atas harapan Presiden Jokowi untuk menurunkan angka stunting dari 27 persen menjadi 14 persen pada 2024," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement