Kamis 11 Feb 2021 23:00 WIB

Jaksel Buat Embung Pencegah Banjir di Srengseng Sawah

Kehadiran embung tersebut diharapkan dapat mencegah banjir di wilayah RW 09.

Jaksel Buat Embung Pencegah Banjir di Srengseng Sawah (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Jaksel Buat Embung Pencegah Banjir di Srengseng Sawah (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Selatan tengah membuatembungpencegah banjir di RW 09, Srengseng Sawah, Jagakarsa.

"Wilayah RW 09 memang rawan akan banjir. Untuk itu, kami bersama Kasudin Pertamanan serta Camat Jagakarsa akan menindak lanjuti dalam pembuatan embung," kata Asisten Perekonomian Jakarta Selatan, Mukhlisin, di Jakarta Selatan, Kamis (11/2).

Luas lahan di RW 09 tersebut ada empat hektar, sebanyak satu hektare dijadikan embung, 1,5 hektare untuk penambahan tempat pemakaman umum (TPU) Srengseng Sawah khusus COVID-19 dan sisanya dijadikan taman.

Mukhlisin menambahkan, kehadiran embung tersebut diharapkan dapat mencegah banjir di wilayah RW 09, termasuk TPU Srengseng Sawah. "Harapan kita dengan adanya embung di area tersebut dapat mencegah banjir juga genangan di RW 09 Srengseng Sawah dan TPU," kata Mukhlisintanpa merinci berapa anggaran yang diperlukan untuk membuat embungtersebut, termasuk sumber dananya, apakah dari APBD atau swadaya dari masyarakat.

 

Dalam kesempatan tersebut, Mukhlisin juga meninjau TPU Srengseng Sawah yang telah dijadikan sebagai pemakaman khusus COVID-19 sejak Januari 2021. Mukhlisin menyebutkan, sejak saat itu hingga Februari 2021 ini total jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Srengseng Sawah sebanyak 653 jenazah.

Pada saat peninjauan lapangan, Mukhlisin juga melihat petugas pemakaman tengah mengebumikan jenazah dengan protokol kesehatan. "Terhitung dari awal Januari sampai dengan Februari 2021 tercatat sebanyak 653 jenazah yang meninggal karena COVID-19," ujarnya.

Jenazah tersebut, lanjut dia berasal dari seluruh DKI Jakarta. Nantinya, setiap wilayah akan memiliki pemakaman COVID-19 masing-masing.

Melihat kondisi pemakaman yang hampir penuh tersebut, Mukhlisin mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan 3M. "Untuk itu, masyarakat harus tetap menjaga prokes(protokol kesehatan) 3M untuk menekan angka kematian COVID-19," kata Mukhlisin.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan lahan baru sebagai TPUSrengseng Sawah, Jakarta Selatan, untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19 seiring berkurangnya kapasitas makam yang sudah ada.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan, Winarto mengatakan pihaknya tengah mengerjakan pembukaan lahan baru TPU Srengseng Sawah yang terletak di Jalan Srengseng Sawah Raya, Jagakarsa. "Lahan baru ini nama lokasinya di Jalan Srengseng Sawah Raya, luasnya kurang lebih 1,2 hektare," kata Winarto.

Lahan baru yang sedang disiapkan ini berjarak sekitar 500 meter dari TPU Srengseng Sawah.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement