Rabu 20 Jan 2021 13:54 WIB

Pemkab Sikka Tetapkan Darurat Bencana

Darurat bencana itu sudah ditetapkan sejak Senin (18/1).

Pemkab Sikka Tetapkan Darurat Bencana. Ilustrasi Banjir.
Foto: republika
Pemkab Sikka Tetapkan Darurat Bencana. Ilustrasi Banjir.

IHRAM.CO.ID,KUPANG -- Pemerintah Kabupaten Sikka telah menetapkan daerah tersebut darurat bencana pascabanjir bandang yang menerjang empat kecamatan di kabupaten itu pada Ahad (17/1).

"Pak bupati sudah mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa status daerah ini sudah darurat bencana," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Sikka Daeng Bakir saat dihubungi dari Kupang, Rabu (20/1).

Hal ini disampaikan berkaitan dengan perkembangan bencana bandang di kabupaten Sikka yang merendam ratusan rumah di empat kecamatan di kabupaten Sikka, sejak Minggu (17/1) hingga Senin (18/1) lalu.

Empat kecamatan yang terendam oleh banjir bandang itu adalah kecamatan Paga, Mego, Magepanda dan juga kecamatan Waigete. Namun dari empat itu hanya tiga kecamatan yang disebut paling parah yakni Mego, Magepanda dan Waigete.

 

Lebih lanjut kata dia, darurat bencana itu sudah ditetapkan sejak Senin (18/1) dan akan berakhir pada 31 Januari mendatang.

"Artinya berlaku selama 14 hari kedepan.Setelah 14 hari akan dilihat lagi bagaimana situasi di lapangan," tambah dia.

Daeng menambahkan bahwa pihaknya sampai saat ini belum mengetahui berapa rumah yang rusak akibat banjir bandang tersebut. Hal ini dikarenakan terlambatnya camat dan kepala desa di empat kecamatan itu memberikan data.

Pihaknya juga sampai saat ini masih terus melakukan pendataan berkaitan dengan kerugian akibat banjir bandang tersebut.

"Namun yang pastinya ada seorang pria yang meninggal dunia akibat banjir bandang itu karena terseret banjir saat hendak menyelamatkan ternaknya," tambah dia.

Selain itu juga banjir tersebut menerjang salah satu jembatan gantung dan merobohkannya sehingga akses jalan antar kampung di dua desa di kecamatan Mego itu terputus.

Pihaknya berharap agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada jika curah hujan tinggi, karena dikhawatirkan akan kembali terjadi banjir bandang di empat kecamatan itu.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement