Kamis 28 Jan 2021 21:31 WIB

Kelompok Pemuda di Kuningan Budi Daya Kelinci Hias

Ternak kelinci hias ini untuk memberdayakan pemuda yang tidak punya penghasilan.

Kelompok Pemuda di Kuningan Budi Daya Kelinci Hias (ilustrasi).
Foto: CANDRA YANUARSYAH/ANTARA
Kelompok Pemuda di Kuningan Budi Daya Kelinci Hias (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,KUNINGAN -- Kelompok pemuda yang berada di Desa Bojong, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, membudidayakan kelinci hias karena prospek yang menjanjikan serta bisa menjadi salah satu sumber penghasilan.

"Tujuan ternak kelinci hias ini untuk memberdayakan pemuda yang tidak punya penghasilan," kata Pembina Kelompok Peternak Muda (KPM) Farm Jaya Rabbitry Kurniawan di Kuningan, Kamis (28/1).

Kurniawan mengatakan kelompoknya saat ini sedang mengembangbiakkan kelinci hias jenis fujilop dan lionhead, untuk dipasarkan ke sejumlah daerah di Indonesia.

Dalam sebulan kelompoknya bisa menjual sekitar 20 ekor anakan kelinci hias, namun harga jual tergantung pada jenis dan umur kelinci.

Sedangkan untuk anakan kelinci hias yang sudah bisa dijual kalau umurnya sudah mencapai satu setengah bulan.

"Untuk produksi kita panen dua bulan sekali. Satu bulan untuk mengandung satu bulan setengah untuk menyusui dan baru kita jual," ujarnya.

Kelinci hias yang berasal dari kelompoknya, sudah dijual ke beberapa daerah, tapi yang mendominasi masih di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Selain itu pihaknya juga sudah pernah mengirim kelinci hias hasil ternak kelompoknya hingga daerah Bali serta Pekalongan, Jawa Tengah.

Dia menambahkan ternak kelinci hias memang sangat menjanjikan, selain modal tidak terlalu besar pakannya pun tergolong murah. "Karena kami memberikan pakan rumput sebanyak 75 persen sisanya kita beripelet," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement