Senin 07 Jun 2021 09:29 WIB

Arab Saudi: Kepastian Haji 2021 Segera Diumumkan

Pihak berwenang Saudi sedang menindaklanjuti pembaruan kondisi pandemi di dunia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi: Pengumuman Haji Tunggu Evaluasi Sebaran Covid-19. Seorang pria berdoa sebagai jarak sosial jamaah Muslim untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona, ketika mereka mengelilingi Ka
Foto: AP/Amr Nabil
Arab Saudi: Pengumuman Haji Tunggu Evaluasi Sebaran Covid-19. Seorang pria berdoa sebagai jarak sosial jamaah Muslim untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona, ketika mereka mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Plt Menteri Media/Penerangan Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qashabi menyebut pengumuman tentang haji tahun ini akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang. Saat ini, Kerajaan Saudi sedang menyelesaikan evaluasi terhadap tantangan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Dalam sebuah konferensi pers, Al-Qasabi mengatakan pihak berwenang Saudi sedang menindaklanjuti pembaruan kondisi pandemi di dunia, Ahad (6/6). Menteri haji dan umroh serta menteri kesehatan akan segera mengumumkan keputusan dari evaluasi tersebut.

Baca Juga

"Karena penyebaran Covid-19, penting untuk mengevaluasi kerusakan dari penyebaran virus ini dengan cermat dan benar. Kami tidak ingin haji tahun ini menjadi episentrum penyebaran penyakit di Kerajaan atau dunia Islam," kata dia dilansir di Arab News, Senin (7/6).

Kementerian haji dan umroh disebut telah bekerja keras untuk meningkatkan layanan yang diberikan di sektor haji dan umrah, di tengah keadaan pandemi yang luar biasa.

Izin pelaksanaan haji tahun lalu dan kembalinya umroh secara bertahap diberikan setelah Saudi mengembangkan sebuah model teknis yang aman. Kerajaan memilih fokus pada teknologi modern dan digitalisasi prosedur, untuk menyediakan layanan yang baik bagi jamaah, melalui berbagai opsi yang disediakan oleh kementerian.

Salah satu hasil fokus Kerajaan adalah tersedianya aplikasi Eatmarna. Aplikasi ini memungkinkan pengguna meminta izin, baik izin shalat wajib harian, umrah, serta shalat di Rawdah, di masjid Makkah dan Madinah. Lebih dari 20 juta orang telah mendapat manfaat dari aplikasi ini.

Di sisi lain, lebih dari 30 ribu orang telah menggunakan layanan yang disediakan oleh pusat Inaya (perawatan) di Makkah dan Madinah. Pelayanan ini didirikan untuk membantu peziarah yang datang dari luar Kerajaan. Kementerian haji dan umroh juga menyediakan layanan transportasi yang aman dengan mendirikan empat titik kumpul guna mengangkut jamaah haji dan shalat ke dan dari Masjidil Haram di Makkah.

Asisten Wakil Sekretariat Kementerian Haji dan Umroh Hesham Abdulmonem Saeed mengatakan model umroh yang aman bertujuan melindungi orang-orang dengan mengelola kerumunan yang pergi ke Masjidil Haram. Salah satu cara pengelolaan ini adalah dengan menyediakan slot waktu yang dipesan jamaah serta meningkatkan layanan kepada para peziarah melalui penerapan teknik paling modern guna memenuhi kebutuhan pribadi mereka.

Dia mencatat aplikasi Eatmarna yang dikembangkan oleh Saudi Data and Artificial Intelligence Authority (SDAIA) juga berguna memverifikasi kesehatan pemohon izin. Pekerjaan melayani jamaah haji disebut kerja sama yang melibatkan sektor publik, swasta, dan sukarela.

“Ada kerja sama berkelanjutan antara kementerian haji dan umroh, kementerian dalam negeri, kementerian kesehatan, Presidensi Umum Dua Masjid Suci dan semua otoritas terkait untuk membantu jamaah dan pengunjung melakukan haji dan umrah dengan mudah," kata dia. 

https://www.arabnews.com/node/1871516/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement