Jamaah Haji Cirebon Bertolak 29 Juli, Waspada Suhu Ekstrem

Selasa , 25 Jun 2019, 01:01 WIB Reporter :Lilis Sri Handayani/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Suasana thawaf di Masjid Al Haram, Mekkah, Kamis (24/5) waktu setempat.
Foto : Ahmed Jadallah/Reuters
Suasana thawaf di Masjid Al Haram, Mekkah, Kamis (24/5) waktu setempat.

IHRAM.CO.ID, CIREBON – Ratusan calon jamaah haji asal Kota Cirebon akan berangkat ke tanah suci pada akhir Juli. Mereka pun diimbau untuk selalu menjaga kesehatan.    

 

Kepala Kementerian Agama Kota Cirebon, Moh Mulyadi, menyebutkan, satu kloter Kota Cirebon terdiri dari 410 jamaah haji. Dari jumlah itu, terdiri dari 331 jamaah haji dari Kota Cirebon, ditambah petugas kloter dan TPHD, serta dua jamaah dari Kabupaten Cirebon dan jamaah dari Bekasi.   

Baca Juga

‘’Mereka akan berangkat pada 29 Juli 2019 dan dijadwalkan kembali ke tanah air lagi pertengahan Agustus,’’ kata Mulyadi, saat pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Massal/ Ta’aruf 2019 Tingkat Kota Cirebon, Senin (24/6).    

Mulyadi menjelaskan, saat nanti pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, suhu udaranya diprakirakan mencapai 40 derajat celcius. Karena itu, para jamaah diimbau untuk selalu menjaga kesehatan.  ‘’Banyak minum air putih, tapi jangan yang dingin dan perbanyak makan buah,’’ kata Mulsyadi.    

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi, mengatakan keberangkatan ibadah haji ke tanah suci harus dipersiapkan secara matang. 

Dia menyatakan, berbagai persiapan itu harus dilakukan sejak berada di tanah air agar pelaksanaan ibadah haji di tanah suci berjalan lancar dan nyaman. ‘’Setiap calon jamaah haji tentu sangat berharap untuk bisa beribadah dengan nyaman dan khusyuk selama di tanah suci,’’ tutur Asep.    

Untuk itu, Asep berharap agar setiap calon jamaah haji bisa mengikuti bimbingan manasik dengan sebaik-baiknya. Dia juga berpesan agar setiap jamaah haji bisa menjalin komunikasi yang baik dengan sesama anggota kloternya. ‘’Jaga kesehatan. Jangan terlalu banyak pikiran, jaga pola makan,’’ tutur Asep mengingatkan. N lilis sri handayani

 

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 WIB 04:41 WIB 11:58 WIB 15:19 WIB 17:56 WIB 19:06 WIB