Persiapan Makkah Sambut Jamaah Umrah Sepanjang Ramadhan
Senin , 06 Mei 2019, 17:17 WIB

Antara/Aji Styawan
Umat Islam melakukan Tawaf keliling Kabah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Jumat (3/5/2019).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Emir Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal meminta semua jajarannya dan pihak swasta yang terlibat layanan umrah untuk memberi pelayanan sempurna selama bulan suci Ramadhan. Dia menuturkan, instruksi ini berdasarkan arahan dari Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman (MBS).

Baca Juga:

Seperti dilansir Saudi Gazette, Senin (6/5), ibadah umrah selama Ramadhan menjadi hal yang penting diperhatikan. Para jamaah umrah datang dari pelbagai kalangan, mulai dari warga negara dan ekspatriat setempat hingga umat Islam segala penjuru dunia. Dengan adanya pelayanan yang prima, lanjut Khaled al-Faisal, seluruh jamaah bisa beribadah dengan nyaman.

Sementara itu, Abdulrahman al-Sudais dari otoritas Hijaz menuturkan, pihaknya telah menyiapkan lebih dari 10 ribu staf untuk melayani jamaah Masjidil Haram. Kemudian, Kementerian Kesehatan Saudi telah mengerahkan lebih dari 11 ribu staf medis, serta memperkuat semua layanan di tiap rumah sakit dan pusat kesehatan di Makkah. Hal itu untuk memperluas layanan kesehatan bagi jamaah dan pengunjung umrah.

Pemerintah kota setempat juga mengerahkan 11.825 petugas kebersihan untuk membersihkan Masjidil Haram sepanjang waktu secara terjadwal. Otoritas Bulan Sabit Merah Arab Saudi mendirikan lebih dari 85 posko kesehatan di Makkah dengan 1.365 personel dan 170 unit mobil ambulans.

Pihaknya mengakui adanya potensi peningkatan jumlah jamaah umrah pada Ramadhan tahun ini. Karena itu, ada pula sinergi dengan Perusahaan Air Nasional Arab Saudi yang akan memompa air lima persen lebih banyak ke Makkah selama bulan suci ini.

Jumlah itu diketahui lebih banyak daripada kebutuhan tahun lalu. Perusahaan yang sama juga membuat persiapan untuk mengairi reservoir strategis di Makkah dan tempat-tempat lain dekat Masjidil Haram.

Terpisah, komandan pasukan keamanan khusus Haram, Yahya Al-Akeel menyatakan petugas keamanan akan mengidentifikasi dan memantau setiap orang yang sakit jiwa di antara para pengunjung. Pasukan siap membawa atau memindahkan pasien itu ke rumah sakit jiwa, jika dibutuhkan perawatan.

Dia mengatakan sekitar 2.500 kamera akan memantau pergerakan jamaah di dalam Masjid al-Haram dan daerah sekitarnya. Sembilan area parkir utama disiapkan selama bulan Ramadhan untuk pengunjung dan jamaah.

Redaktur : Hasanul Rizqa
Reporter : Umi Nur Fadhilah

BERITA LAINNYA