Jumat 25 Jan 2019 14:42 WIB

Abbasiyah, Dinasti dari Garis Keturunan Paman Rasulullah SAW

Dinasti Abbasiyah menyempurnakan bangunan peradaban Islam dari dinasti sebelumnya

Peta kekuasaan Daulah Abbasiyah.
Foto:

GE Bosworth dalam Dinasti-dinasti Islam menyatakan, tiga abad pertama Dinasti Abbasiyah (abad ke VIII sampai ke XI) merupakan abad kejayaan dinasti ini. Bidang sastra, teologi, filsafat, dan ilmu pengetahuan berkembang pesat. Kemajuan ekonomi dan perdagangan terjadi di mana-mana, terutama di Irak, Persia, dan Mesir. Karena itu, seorang orientalis asal Swiss, Adam Mez, tidak ragu-ragu untuk menyebut era Dinasti Abbasiyah ini sebagai "Renaisans Islam".

Lantas, faktor apa yang mendorong terjadinya kemajuan itu? Ahmad Amin dalam bukunya bertajuk Dhuha Islam menjelaskan, pada era itu terjadi pembauran antara orang-orang Arab dengan bangsa-bangsa lain yang sudah berperadaban maju.

Di masa Dinasti Abbasiyah, banyak orang non-Arab yang masuk Islam. Mereka, tutur Ahmad Amin, punya pengaruh besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dalam Islam. Misalnya saja Persia. Bangsa Persia berpengaruh kuat pada bidang pemerintahan, filsafat, dan sastra.

Pun demikian dengan India. Mereka berpengaruh di bidang kedokteran, matematika, dan astronomi. Sedangkan, bangsa Yunani berpengaruh di bidang ilmu pengetahuan dan filsafat.

Di samping itu, jelas Ahmad Amin, aktivitas terjemahan dari buku-buku berbahasa asing ke bahasa Arab sangat marak. Pada periode antara al-Mansur hingga Harus al-Rasyid, banyak sekali diterjemahkan buku-buku di bidang astronomi dan logika. Dan pada periode setelah al-Ma'mun hingga al-Muqtadir (908-932 M), banyak diterjemahkan buku di bidang filsafat dan kedokteran. Aktivitas terjemahan ini semakin luas ketika umat Islam sudah mengenal cara pembuatan kertas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement