Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Dari Mana Asal Kata Alquran?

Selasa 19 Oct 2021 05:27 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Dari Mana Asal Kata Alquran?

Dari Mana Asal Kata Alquran?

Foto: republika
Ada banyak pendapat para ulama mengenai asal kata Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran Al-Karim adalah salah satu nama bagi firman Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Adapun nama-nama lainnya adalah Al-Kitab, Adz-Dzikr dan Al-Furqan.

Namun, nama Alquranlah yang paling utama bagi wahyu Allah ini. Lalu, dari mana asal kata Alquran?

Baca Juga

Dalam bukunya yang berjudul Mutiara Ilmu-Ilmu Al-Quran terbitan Yayasan Al-Fahmu, Ustadz Fahmi Salim menjelaskan ada banyak pendapat para ulama mengenai asal kata Alquran ini, apakah diambil dari kata lain atau sudah menjadi sebuah nama seperti halnya kitab Injil atau Taurat.

Adapun yang mengatakan bahwa penamaan Alquran itu musytaqqoh (berasal dari kata lain). Maka, sesungguhnya para ulama telah berbeda pendapat di dalam hal tersebut. Ada yang menyatakan berasal dari lafaz qo ro na (قرن)  dan ada yang mengatakan dari lafaz qo ro a (قرأ ).

Ulama yang mengatakan berasal dari lafaz qo ro na, maka perbedaan pendapatnya hanya pada kedua makna qorona tersebut, yaitu makna “mengumpulkan” atau “menghubungkan”. Sedangkan yang mengatakan penamaan Alquran itu berasal dari lafaz qo ro a, maka perbedaan pendapatnya juga hanya pada kedua makna lafaz qo ro a tersebut, yaitu qo ro a bermakna membaca atau bermakna mengumpulkan.

“Semoga saja yang benar di dalam masalah ini yaitu penamaan Alquran berasal dari lafaz qo ro a yang artinya membaca. Karena, Alquran sendiri mendukung makna ini,” kata Ustadz Fahmi Salim.

Menurut dia, dukungan tersebut terdapat dalam firman-Nya,

لَا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ (16) إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ (17)

“Jangan engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Alqur'an) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacanya.” (QS Al-Qiyamah [75]: 16-17).

Menurut Ustadz Fahmi, Allah Swt telah menyebutkan lafaz “membaca” yang mana maknanya adalah membaca dan Allah Swt mengikutinya dengan menyebutkan sumbernya. “Dari sini bisa dipahami bahwa Alquran itu harus dibaca dan sesungguhnya ayat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad Saw adalah Iqra’, 'bacalah',” jelas Ustadz Fahmi.

photo
Infografis Keutamaan 10 Surat dalam Alquran - (Dok Republika)
 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA