Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Mendengar Anjing Gonggong Malam Hari? Lakukan Ini

Kamis 23 Sep 2021 19:15 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Anjing gonggong biasanya melihat apa yang tidak manusia lihat. Ilustrasi anjing

Anjing gonggong biasanya melihat apa yang tidak manusia lihat. Ilustrasi anjing

Foto: EPA
Anjing gonggong biasanya melihat apa yang tidak manusia lihat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mungkin sebagian dari kita ada yang sering mendengar suara anjing menggonggong pada waktu Subuh, terutama pada adzan sholat Subuh. 

Rasulullah SAW pernah bicara soal ini. Dari Jabir bin Abdullah, beliau SAW bersabda: 

Baca Juga

إذَا سَمِعْتُمْ نُبَاحَ الْكِلَابِ وَنَهِيقَ الْحُمُرِ بِاللَّيْلِ فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ، فَإِنَّهُنَّ يَرَيْنَ مَا لَا تَرَوْنَ  "Jika kalian mendengar gonggongan anjing, dan suara keledai yang meringkik pada malam hari, maka mohonlah perlindungan kepada Allah SWT (ucapkan taawudz), karena sesungguhnya mereka (anjing dan keledai) itu sedang melihat apa yang tidak kalian lihat." (HR Abu Dawud)

Dalam riwayat lain dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda: 

إذا نودي للصلاة أدبر الشيطان وله ضراط حتى لا يسمع التأذين، فإذا قضي النداء أقبل، حتى إذا ثوب بالصلاة أدبر، حتى إذا قضي التثويب أقبل، حتى يخطر بين المرء ونفسه، يقول اذكر كذا، اذكر كذا، لما لم يكن يذكر، حتى يظل الرجل لا يدري كم صلى

“Setan itu lari sambil mengeluarkan kentut ketika mendengar suara kumandang adzan. Dan saat adzan selesai, setan itu kembali. 

Bila iqamat dikumandangkan, setan kembali berlari. Dan jika iqamat telah selesai dikumandangkan, dia kembali lagi, lalu menyelinap masuk kepada hati seseorang seraya berkata, 'Ingatlah ini dan itu'. Dan terus saja dia melakukan godaan ini hingga seseorang tidak menyadari berapa rakaat yang sudah dia laksanakan dalam sholatnya." 

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk meminta karunia kepada Allah SWT ketika mendengar suara ayam jantan. Suara ayam jantan ini tentunya adalah ketika berkokok. Karena, sebagaimana hadits Bukhari dan Muslim, Nabi SAW menyampaikan, saat berkokok itulah berarti ayam jantan tersebut melihat malaikat.

إذا سمعتُم صِياحَ الدِّيكةِ فسَلُوا الله تعالى من فَضْلِه؛ فإنَّها رأت مَلَكًا "Jika kalian mendengar kokok ayam jantan, mintalah Allah SWT keutamaan-Nya, karena sesungguhnya ia melihat malaikat.” (Hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim)

 

Sumber:elbalad  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA