Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Tiga Kiat Sukses Dunia Akhirat

Kamis 24 Sep 2020 14:03 WIB

Rep: Muhyiddin / Red: Ani Nursalikah

Tiga Kiat Sukses Dunia Akhirat

Tiga Kiat Sukses Dunia Akhirat

Foto: Republika.co.id
Agar sukses dunia dan akhirat umat Islam selalu melaksanakan perintah Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang pasti ingin mendapatkan kesuksesan di dunia. Namun, bagi orang yang beriman, kesuksesan juga harus diraih di akhirat kelak. Untuk mendapatkan kesuksesan di dunia dan akhirat, para ulama terdahulu sebenarnya telah memberikan kiat-kiatnya.

Dalam kitab Nashaihul ‘Ibad karya Syekh Nawawi al-Bantani misalnya, telah dijelaskan tentang kiat sukses dunia dan akhirat. Ulama nusantara yang pernah menjadi Imam Masjidil Haram ini mengutip perkataan dari salah satu sahabat nabi yang bernama Abdullah ibn Mas’ud radhiallahu anhu.

Pertama, agar bisa sukses di dunia dan akhirat, Abdullah ibn Mas’ud menganjurkan kepada umat Islam selalu melaksanakan yang telah diperintahkan Allah. “Laksanakanlah apa yang telah diperintahkan Allah kepadamu (dengan sempurna), niscaya engkau akan menjadi orang yang paling baik ibadahnya (engkau akan menjadi orang yang paling sering beribadah pada-Nya)”.

Baca Juga

Kedua, Abdulla ibn Mas’ud juga mengharuskan umat Islam selalu berusaha menjauhi semua hal yang dilarang Allah sehingga menjadi orang yang zuhud. Jika menjadi yang orang yang zuhud, maka bisa menjadi sukses di akhirat kelak.

“Jauhilah apa yang telah dilarang oleh Allah, niscaya engkau akan menjadi orang yang paling zuhud (akan menjadi orang yang tidak senang terhadap dunia dan menghidar dari kesenangan dunia,” katanya.

Ketiga, umat Islam juga harus selalu ridha terhadap ketetapan yang diberikan Allah, sehingga bisa menjadi orang yang sukses di dunia dengan menjadi orang yang kaya raya. “Terimalah dengan ridha ketetapan yang diberikan Allah kepadamu (berupa rezeki), niscaya engkau akan menjadi orang yang paling kaya (engkau akan menjadi orang yang paling banyak hartanya).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA