Sabtu 31 Jul 2021 04:10 WIB

Penyebab Kaum Madyan Diazab Menurut Catatan Ibnu Katsir

Kaum Madyan dilanda azab berupa gempa yang dahsyat

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Kaum Madyan dilanda azab berupa gempa yang dahsyat. Ilustrasi lokasi Madyan
Foto: Pixabay
Kaum Madyan dilanda azab berupa gempa yang dahsyat. Ilustrasi lokasi Madyan

REPUBLIKA.CO.ID, – Penduduk Madyan termasuk bangsa Arab, mereka tinggal di kota yang disebut Madyan. Kota tersebut terletak di bumi Ma'an yakni di ujung negeri Syam, dekat dengan Hijaz dan dekat tempat kaum Nabi Luth dulu dibinasakan.

Penduduk Madyan berasal dari Bani Madyan, mereka adalah orang-orang kafir. Mereka suka mengganggu orang-orang yang sedang dalam perjalanan. 

Baca Juga

Al-Hafizh Ibnu Katsir dalam bukunya Al-Bidayah Wan-Nihayah yang diringkas Ahmad Al Khani menjelaskan, kaum Madyan adalah sejahat-jahatnya manusia dalam pergaulan sehari-hari. Mereka menipu dalam takaran dan timbangan. Mereka mengambil lebih dan membayar kurang.

Oleh karena itu, Allah mengutus kepada mereka seorang laki-laki dari golongan mereka sendiri. Dia adalah utusan Allah, Nabi Syuaib alaihissalam. 

 

Nabi Syuaib menyeru Kaum Madyan untuk beribadah hanya kepada Allah, yang tiada sekutu bagi-Nya. Nabi Syuaib melarang mereka melakukan perbuatan-perbuatan buruk. Sebagian dari mereka beriman kepada Allah, namun kebanyakan dari mereka tetap dalam kekafiran.

kaum Madyan juga diberi peringatan dengan kejadian yang menimpa kaum Nabi Luth di Kota Sodom. Kaum Nabi Luth adalah kaum yang paling dekat dengan kaum Madyan dari sisi waktu dan tempat.

Akan tetapi, kebanyakan dari kaum Madyan tidak menyambut seruan kebenaran dari Nabi Syuaib. Kemudian Nabi Syuaib berdoa untuk keburukan mereka, dan Allah tidak menolak doa para utusan-Nya, jika utusan-Nya meminta pertolongan dari kejahatan orang-orang kafir.

Akhirnya azab datang. Kaum Madyan dilanda gempa yang dahsyat, diperdengarkan kepada mereka teriakan yang sangat kuat, dan mereka ditimpa naungan yang disangka awan padahal siksa. Dikirim Allah kepada mereka percikan-percikan dan lidah api, sehingga mereka hancur binasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement