Jumat 05 Mar 2021 14:31 WIB

Kaum Celaka yang Membunuh Nabi Mereka Sendiri

Alquran menyebutkan kaum yang membunuh nabi dari bangsanya

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran menyebutkan kaum yang membunuh nabi dari bangsanya. Ilustrasi dakwah nabi
Foto: Google.com
Alquran menyebutkan kaum yang membunuh nabi dari bangsanya. Ilustrasi dakwah nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT menyebut bahwa salah satu kaum yang dibinasakan adalah Ashab Al-Rass. 

Dalam Alquran kaum Rass ini disebutkan di dalam surat Al-Furqan ayat 38. Berdasarkan pendapat para ulama tafsir, mereka ini lah kaum yang membunuh nabi mereka sendiri. Allah SWT berfirman:

Baca Juga

وَعَادًا وَثَمُودَا۟ وَأَصْحَٰبَ ٱلرَّسِّ وَقُرُونًۢا بَيْنَ ذَٰلِكَ كَثِيرًا “Dan (Kami binasakan) kaum 'Aad dan Tsamud dan penduduk Rass dan banyak (lagi) generasi-generasi di antara kaum-kaum tersebut.” (QS al-Furqan: 38).

Dikutip dari laman Alukah, Al-Wahidi dalam kitab tafsirnya yang berjudul Al-Wajiz menjelaskan bahwa kaum Rass di dalam ayat tersebut adalah orang-orang dari sumur yang duduk di atasnya, dan pemilik ternak, penyembah berhala, dan mereka dihancurkan akibat penyangkalan nabi mereka.

 

Sementara, Qatadah dan al-Kalbi menjelaskan Rass adalah sebuah sumur di tanah Yamamah, penduduk Rass ini membunuh nabi mereka, dan Tuhan Yang Mahakuasa menghancurkan mereka. 

Beberapa dari mereka berkata: Mereka adalah sisa-sisa kaum Tsamud dan orang-orang yang saleh, dan mereka adalah pemilik sumur yang disebutkan Allah dalam surat Al-Hajj ayat 45: 

فَكَأَيِّنْ مِنْ قَرْيَةٍ أَهْلَكْنَاهَا وَهِيَ ظَالِمَةٌ فَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَىٰ عُرُوشِهَا وَبِئْرٍ مُعَطَّلَةٍ وَقَصْرٍ مَشِيدٍ  “Berapalah banyaknya kota yang Kami telah membinasakannya, yang penduduknya dalam keadaan zalim, maka (tembok-tembok) kota itu roboh menutupi atap-atapnya dan (berapa banyak pula) sumur yang telah ditinggalkan dan istana yang tinggi.”  

Sedangkan Sa’id bin Jubair mengatakan kaum Rass ini memiliki seorang nabi bernama Hanzalah ibn Safwan, dan mereka membunuhnya dan Tuhan Yang Maha Kuasa menghancurkan mereka.

Hal senada juga disampaikan sahabat nabi terkemuka, Ikrimah bin Abu Jahal. Menurut dia, kaum Rass ini adalah orang-orang yang menambatkan Nabi mereka di sumur dan dia meninggal, dan Tuhan menghancurkan mereka.

Sumber: alukah

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement