Senin 25 Jan 2021 05:30 WIB

Surat Al-Hajj dan Ayat Lalat yang Menantang Kaum Pagan  

Ayat tentang lalat dalam surat al-Hajj merupakan tantangan untuk kaum pagan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Ayat tentang lalat dalam surat Al-Hajj tantangan untuk kaum pagan. Lalat
Foto: ABC News
Ayat tentang lalat dalam surat Al-Hajj tantangan untuk kaum pagan. Lalat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lalat yang keberadaannya sering kali diabaikan manusia disebutkan di dalam Alquran. 

Allah SWT menyinggung binatang kecil tersebut dalam surat al-Hajj ayat 73. Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ ۚ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ ۖ وَإِنْ يَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لَا يَسْتَنْقِذُوهُ مِنْهُ ۚ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ

"Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.”

Maksud dari ayat tersebut ialah terkait apa yang disembah oleh orang pagan. Melalui ayat tersebut, mereka diberi tantangan untuk menciptakan lalat. Sekalipun mereka berkumpul bersama-sama untuk membuatnya, tidak akan pernah bisa mereka membuat seekor lalat pun.

Lalat adalah serangga berkaki biasa yang memiliki sayap. Lalat termasuk di antara serangga yang menularkan banyak penyakit seperti malaria. Di antara jenis yang paling terkenal yang tersebar luas di rumah adalah lalat rumah yang terinfeksi jamur yang berasal dari parasit.

Seorang Muslim disarankan untuk membasmi lalat jika ditemukan di dalam rumah, melalui beberapa cara. Antara lain, tidak membiarkan makanan apa pun terpapar di dapur, membuang limbah kotoran secara berkala, dan semua noda yang dapat menarik lalat seperti jus.

Pastikan juga ventilasi rumah menggunakan saringan agar lalat tidak masuk. Kantong air dapat digunakan dengan menggantungnya di dalam rumah, di mana lalat melarikan diri saat Anda melihatnya.

Sumber: https://mawdoo3.com/%D9%81%D9%8A_%D8%A3%D9%8A_%D8%B3%D9%88%D8%B1%D8%A9_%D8%B0%D9%83%D8%B1_%D8%A7%D9%84%D8%B0%D8%A8%D8%A7%D8%A8

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement