Senin 30 Nov 2020 05:15 WIB

Cak Nun: Menjadi Khalifah Harus Ada dalam Diri Sendiri

Pandemi mengajarkan manusia agar kembali mengelola diri sendiri.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Cak Nun: Menjadi Khalifah Harus Ada dalam Diri Sendiri. Ilustrasi
Foto: ANIS EFIZUDIN/ANTARA
Cak Nun: Menjadi Khalifah Harus Ada dalam Diri Sendiri. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah menjadikan manusia sebagai khalifah di bumi. Hal tersebut berdasarkan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 30 berbunyi:

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ ِانِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

Baca Juga

Wa iż qāla rabbuka lil-malā`ikati innī jā'ilun fil-arḍi khalīfah, qālū a taj'alu fīhā may yufsidu fīhā wa yasfikud-dimā, wa naḥnu nusabbiḥu biḥamdika wa nuqaddisu lak, qāla innī a'lamu mā lā ta'lamụn.

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

K.H. Emha Ainun Najib atau Cak Nun menjelaskan manusia disuruh Allah menjadi khalifah. Khalifah tentunya harus memiliki pemahaman ilmu pengetahuan dan ada kesungguhan untuk mengelolanya.

Setidaknya, mengelola ilmu pengetahuan untuk diri sendiri. Jika seseorang ada yang sampai merasakan kelelahan dalam tersesatnya, kata dia pasti ada yang salah dalam pengelolaannya. Mungkin salah pemahaman atau metode.

Menjadi khalifah dalam diri sendiri berarti setiap orang harus mengelola dirinya masing-masing, termasuk memahami batin, hati, pikirannya, serta fisiknya.

“Ketika pandemi datang dan di rumah saja, tiba-tiba muncul benturan bahwa ternyata selama ini kita hanya mengikuti pengelolaan kolektif orang banyak. Misalnya, jadi apa, disuruh apa, kerja apa sehingga mekanisme sehari-hari bukan khilafah dari dalam diri sendiri melainkan dari luar,” kata Cak Nun dalam video bertajuk Lelah Tersesat di kanal Youtube CakNun.com.

Menurutnya, pandemi mengajarkan manusia agar kembali mengelola diri sendiri, misal nomor satu, galilah kreavitas. Ini artinya, berpikir ijtihad dalam mengenal diri sendiri, apa minat dan bakat lalu mengaplikasikan secara sosial.

“Kalau manusia tidak mampu mengelola diri sendiri berarti manusia tidak menjadi makhluk yang dulu Tuhan mengkonsepnya. Setelah dapat mengelola diri sendiri barulah mengelola orang lain,” ujar dia.

https://www.youtube.com/watch?v=4UM-b5fVjt8

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement