Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

10 Negara dengan Jumlah Kasus Bunuh Diri Tertinggi di Dunia, Jangan Ditiru!

Rabu 04 May 2016 07:30 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bilal Ramadhan

Bunuh diri (ilustrasi)

Bunuh diri (ilustrasi)

Foto: wonderslist.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa negara di dunia mempunyai angka kematian dengan bunuh diri yang cukup tinggi. Meski begitu, tak seorangpun mampu membaca apa isi pikiran mereka yang melakukan bunuh diri, selain diri mereka sendiri.

Berikut adalah daftar 10 negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi seperti dilansir wonderslist.com:

 

10. Kazakhstan

Kazakhstan menempati urutan kesepuluh di antara negara-negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Sekitar 86 remaja dilaporkan telah melakukan bunuh diri dalam waktu 5 bulan. Kebanyakan dari semua yang melakukan bunuh diri tersebut, adalah anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Setelah dilakukan penelusuran, kebanyakan dari kasus bunuh diri tersebut dilakukan akibat adanya permasalahan umum yang mereka alami seperti kegagalan dalam ujian dan tidak cukup kuat menghadapi rasa malu dari orang-orang sekitarnya.

Penyebab lainnya adalah rasa kesepian yang sangat ekstrim, konflik di sekolah yang mungkin telah menciptakan permusuhan.

 

9. Nepal

Gempa Nepal yang terjadi pada April 2015 dan menewaskan 965 orang tersebut menjadi salah satu bencana alam terdahsyat di tahun itu. Namun, siapa yang menyangka, seringnya terjadi bencana alam di negara tersebut justru mendorong warganya melakukan bunuh diri.

Data Kepolisian Nepal melaporkan, lebih dari 4.000 orang melakukan bunuh diri setiap tahunnya. Separuh dari jumlah tersebut melakukan bunuh diri karena ketakutan akan terjadinya bencana alam. Sementara sisanya, melakukan bunuh diri karena alasan kemiskinan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA