Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Pemberontak Yaman Culik Sejumlah Demonstran

Kamis 29 Jan 2015 19:25 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham

Kelompok gerilyawan Houthi kuasai Istana Kepresidenan Yaman

Kelompok gerilyawan Houthi kuasai Istana Kepresidenan Yaman

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA -- Anggota kelompok bersenjata pemberontak Houthi Yaman, menculik sejumlah demonstran mahasiswa di Universitas Sanaa, Kamis (29/1). Para pria bersenjata itu juga membubarkan demonstran yang melakukan aksi menentang kelompok milisi tersebut.

Al-Arabiya melaporkan, Houthi melakukan penangkapan untuk ketiga kalinya pekan ini. Penangkapan dilakukan untuk mencegah reli lain di Sanaa. Milisi juga memukuli demonstran dengan tongkat. Namun, belum diketahui jumlah korban terluka.

"Tidak untuk pengakuan," teriak para pengunjuk rasa sebelum dipaksa untuk meninggalkan wilayah demonstrasi yang direncanakan di Sanaa.

Ini adalah insiden ketiga kalinya sejak Ahad, menyusul pengumuman pengunduran diri Presiden Abedrabbo Mansour Hadi. Penentang Houthi telah melakukan aksi demo menentang pendudukan mereka di Sanaa. 

Sebelumnya, Houthi menyerbu Sanaa pada bulan September. Pekan lalu, mereka menguasai istana presiden dan gedung-gedung pemerintah utama. Namun, pada hari Selasa (27/1), mereka membebaskan seorang asisten Hadi yang ditahan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA