Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Politik AS Masih Buntu Soal Anggaran

Ahad 13 Oct 2013 09:27 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani

Senat AS

Senat AS

Foto: lewandpatpolitics.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Partai Republik dan Demokrat di Amerika Serikat gagal mencapai kesepakatan terkait penutupan layanan pemerintah dan peningkatan batas atas surat utang.

Dalam pertemuan Sabtu (12/10) waktu setempat antara pemimpin mayoritas senat, Harry Reid dan pemimpin Republik di senat, Mitch McConnell gagal menyepakati peningkatan batas atas surat utang sehingga peluang gagal bayar utang AS makin dekat.

Senat akan kembali bertemu Ahad (13/10) ini. Namun, parlemen tidak melakukan pertemuan serupa. "Ekonom mengatakan ini tidak akan lama sebelum pasar keuangan bereaksi negatif pada ketidakpastian yang berlanjut," ujar Reid dikutip Al-Jazeera.

Partai Republik menekan undang-undang yang hanya akan menyelesaikan masalah anggaran selama enam pekan. Hal itu membuat kekhawatiran potensi penutupan layanan pemerintah selama periode Natal. Demokrat ingin menekan tengat batas surat utang setidaknya sampai tahun depan.

Dalam laporan Al-Jazeera edisi Sabtu, belum ada kesepakatan terkait undang-undang untuk anggaran baru yang akan mengakhiri penutupan layanan pemerintah dan mengakhiri cuti sementara 800 ribu pekerja. Pejabat kedua Demokrat di Senat, Dick Durbin mengatakan, kesepakatan akan dicapai kedua pihak di senat sebelum pembukaan pasar keuangan pada Senin depan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA