Kamis, 24 Syawwal 1440 / 27 Juni 2019

Kamis, 24 Syawwal 1440 / 27 Juni 2019

Negara-negara yang Paling Oke di Dunia

Sabtu 05 Mei 2012 08:10 WIB

Rep: setyanavidita livikacansera/ Red: M Irwan Ariefyanto

salah satu kota di Finlandia

salah satu kota di Finlandia

Foto: ap

REPUBLIKA.CO.ID,Isu kenaikan harga BBM subsidi ditambah laju inflasi yang pasti akan semakin menggerus kondisi perekonomian, membuat banyak penduduk merasa berat hidup di Indonesia. Di luar sana, ternyata banyak penelitian yang diupayakan untuk mengukur tingkat kebahagiaan masyarakat di berbagai belahan dunia.

Kebahagiaan tentu banyak banget dimensinya. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa memperkirakan tingkat kebahagiaan berdasarkan berbagai kriteria, seperti pelayanan kesehatan yang baik atau misalnya libur nasional yang banyak. Beberapa negara yang disebut-sebut sebagai negara paling bahagia di muka bumi, dikutip dari The Daily Beast. Tolok ukurnya bermacam-macam, simak beberapa di antaranya.

1. Finlandia

Sebagai tempat produsen ponsel ternama Nokia berasal, Finlandia dikenal sebagai negara yang sangat memperhatikan kesejahteraan pendidikan warganya. Meski memiliki musim dingin yang panjang, anak-anak di Finlandia memiliki kemampuan dan minat luar biasa terhadap ilmu pengetahuan alam, matematika, dan membaca.

Setiap tahun anak yang bersekolah akan mendapat mentor pribadi, guru dengan latar belakang pendidikan yang baik, dan belajar di suasana yang nyaman. Negara ini juga sangat memperhatikan jaminan sosial, utamanya kesehatan.

2. Jepang

Negeri asal sushi ini, meski terbilang cukup rawan tertimpa bencana alam ternyata dikenal sebagai negara dengan layanan kesehatan terbaik. Tidak hanya itu, penduduk Jepang pun ternyata memiliki tingkat harapan hidup yang jauh tinggi dibanding negara lainnya di dunia.

Para pria di Jepang rata-rata hidup hingga usia 82 tahun dan para wanitanya hingga 86 tahun. Bandingkan dengan Indonesia pada 2009, diperkirakan angka harapan hidup untuk pria hanya 68 tahun dan wanita 73 tahun.

3. Ukraina

Hampir sama dengan Finlandia, Ukraina juga merupakan negara yang memiliki tingkat pendidikan terbaik di dunia. Di negeri asal Andriy Shevchenko ini, 99 persen penduduknya sudah melek huruf dan pemerintah menjamin kesehatan seluruh penduduk yang terdaftar dengan pelayanan berobat gratis.

4. Norwegia

Sejak lima tahun lalu, Norwegia selalu masuk dalam daftar negara yang penduduknya paling bahagia. Dengan gross domestic bruto (GDP) per tahun mencapai 53 ribu dolar atau sekitar Rp 477 miliar, negara ini sudah pasti sejahtera.

Di luar pemandangan alam yang cantik, Pemerintah Norwegia juga menjamin kebahagiaan masyarakatnya dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis untuk masyarakat. Sst, kebanyakan pusat perbelanjaan di Norwegia akan tutup setiap Ahad lho, tapi penduduknya tetap hepi.

5. Swedia

Swedia dikenal menjadi negara dengan politik yang relatif stabil dan demokratis. Di negara ini, pemerintah menjamin betul hak setiap warga negara untuk berekspresi. Yang patut kita pelajari, Swedia adalah salah satu negara paling tidak korup di dunia.

Semua tempat ibadah di Swedia juga mendapat sumbangan dana yang besar dari pemerintah. Setiap kali ada pemilihan umum, minat masyarakat untuk memberi suaranya mencapai 80 persen. Bandingkan dengan Pemilu Presiden 2009 lalu di Indonesia yang jumlah golputnya saja  mencapai 40 persen.

6. Bhutan

Pada 2005, Bhutan menjadi fokus berbagai media seantero dunia dengan memperkenalkan teori gross national happiness (GNH) yang diusulkan oleh mantan raja Jigme Singye Wangchuck IV. Dalam memimpin, raja yang good looking ini tidak melulu menitikberatkan pada perkembangan ekonomi melainkan mendirikan negara yang mengusung kesetaraan, kepedulian, dan konsep ekologi.

Raja juga sangat memperhatikan pelestarian lingkungan hidup Bhutan dengan memberlakukan larangan merokok di seluruh negeri, melarang impor kantong plastik, dan mewajibkan setiap orang setiap tahun minimal menanam 10 batang pohon.

Konsep GNH inipun langsung memperoleh perhatian seksama masyarakat internasional dan menjadi tema pelajaran ilmu ekonomi yang digandrungi para pakar dan institut penelitian di Amerika dan Jepang. Terinspirasi dari hal ini, wartawan asal Amerika, Eric Weiner, menulis buku Geography of Bliss yang bercerita tentang pencarian negara paling bahagia di dunia.

7. Indonesia

Boleh percaya boleh tidak, ternyata Indonesia juga masuk dalam daftar negara yang penduduknya paling bahagia di dunia. Berdasarkan survei yang dilakukan Ipsos Global yang diterbitkan awal Februari lalu, sebanyak 51 persen dari warga Indonesia menyatakan mereka sangat bahagia.

Survei ini melibatkan 18.687 responden dewasa dari 24 negara dunia dan Indonesia masuk dalam posisi teratas dalam kategori negara yang sangat berbahagia. Titel ini jelas membanggakan bagi Indonesia, terlebih setelah pada 2008 lalu Indonesia juga ditetapkan sebagai negara paling murah senyum dengan perolehan angka 98 persen. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA