Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Macron Tunjuk Bekas Menteri Kesehatan Sebagai Juru Bicara

Selasa 05 Jul 2022 07:43 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani

Presiden Prancis Emmanuel Macron  tunjuk mantan Menteri Kesehatan Olivier Veran sebagai juru bicara pemerintah yang baru.

Presiden Prancis Emmanuel Macron tunjuk mantan Menteri Kesehatan Olivier Veran sebagai juru bicara pemerintah yang baru.

Foto: EPA-EFE/Ludovic Marin
Mantan menteri kesehatan, Olivier Veran jadi juru bicara pemerintah yang baru.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Presiden Prancis Emmanuel Macron tunjuk mantan Menteri Kesehatan Olivier Veran sebagai juru bicara pemerintah yang baru. Hal ini dilaporkan stasiun BFM TV menjelang reshuffle yang diperkirakan akan diumumkan, Senin (4/7/2022).

Veran dikenal teknokrat cermat yang diketahui publik sebagai menteri paling penting selama pandemi Covid-19. Ia memimpin upaya penanggulangan krisis kesehatan terbesar yang pernah dilalui Prancis.

Macron juga diperkirakan akan mengumumkan posisi menteri lingkungan, kesehatan dan perumahan. Presiden Prancis itu perlu melakukan reshuffle setelah sejumlah menteri kalah di pemilihan parlemen bulan lalu.

Kekalahan tersebut memaksa mereka untuk mundur sesuai dengan tradisi politik Prancis. Sejumlah kursi di kabinet juga kosong sejak Macron terpilih lagi dalam pemilu bulan April lalu.

Tetapi ruang lingkup perombakan kabinet mungkin lebih besar. Macron berusaha menyeimbangkan kekuasaan dengan aliansinya sendiri yang terguncang atas kekalahan sebagai mayoritas dalam pemilihan parlemen Juni lalu dan untuk mengirim sinyal pada pemilih ia mendengar tuntutan perubahan mereka.

Juru bicara pemerintah Prancis saat ini Olivia Gregoire memenangkan pemilihan parlemen di distrik kaya di Paris.

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA