Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Gletser Pegunungan Alpen Italia Runtuh

Senin 04 Jul 2022 06:44 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

Pegunungan Alpen

Pegunungan Alpen

Foto: Dailymail
Runtuhnya gletser pegunungan Alpen menewaskan enam orang

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Bagian dari gletser di Pegunungan Alpen Italia runtuh pada Ahad (3/7/2022).  Peristiwa ini menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai delapan orang.

Pemerintah provinsi Trento mengatakan, operasi penyelamatan sedang berlangsung setelah longsoran es besar yang melibatkan pejalan kaki. Dia memperingatkan bahwa kemungkinan akan ada banyak korban.

Longsoran terjadi di Marmolada, yang pada ketinggian lebih dari 3.300 meter merupakan gunung tertinggi di Dolomites, pegunungan Alpen Italia timur yang membentang di wilayah Trento dan Veneto. Menurut unit penyelamat Alpine, massa es yang sangat besar runtuh di dekat Punta Rocca, di rute yang biasanya digunakan oleh pejalan kaki dan pendaki untuk mencapai puncak.

"Untungnya kondisi cuaca baik tetapi bahayanya adalah kemungkinan akan terjadi keruntuhan lebih lanjut," kata seorang juru bicara.

Presiden Veneto Luca Zaia mengatakan,  orang yang terluka dibawa ke rumah sakit di kota terdekat Belluno, Treviso, Trento dan Bolzano. Helikopter dan anjing telah diterjunkan untuk mencari korban selamat.

Zaia mengatakan, gelombang panas awal musim panas di Italia membuat suhu di Marmolada menyentuh 10 derajat Celcius pada Sabtu (2/7). Meningkatnya suhu rata-rata telah menyebabkan gletser Marmolada, seperti banyak gletser lainnya di seluruh dunia terus menyusut selama beberapa dekade terakhir.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA