Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

AS Siap Gelontorkan 450 Juta Dolar Lagi untuk Bantuan Keamanan Ukraina

Sabtu 25 Jun 2022 04:40 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Reiny Dwinanda

Presiden AS Joe Biden kembali mengesahkan paket bantuan keamanan untuk Ukraina.

Presiden AS Joe Biden kembali mengesahkan paket bantuan keamanan untuk Ukraina.

Foto: AP/Susan Walsh
Presiden AS Joe Biden mengesahkan paket bantuan untuk Ukraina untuk ke-13 kalinya.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Amerika Serikat (AS) akan mengirimkan tambahan 450 juta dolar AS sebagai bantuan keamanan ke Ukraina. Washington menyebutkan bahwa bantuan itu sebagai dukungan bagi Kyiv untuk mempertahankan demokrasinya dalam menghadapi perang Rusia.

Koordinator Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih untuk Komunikasi Strategis, John Kirby, mengatakan bantuan tersebut berisi senjata dan peralatan. Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi baru, amunisi tambahan untuk sistem artileri yang telah disediakan, dan kapal patroli akan dipasok untuk membantu Ukraina mempertahankan pantai dan wilayah perairannya.

Baca Juga

"Ini adalah kali ke-13 Presiden (Joe) Biden mengesahkan paket bantuan di bawah presidential drawdown authority selama krisis ini," kata Kirby pada konferensi pers Gedung Putih, Kamis (23/6/2022).

Sejak 24 Februari, ketika Rusia melancarkan perang terhadap Ukraina, AS telah memberikan bantuan kepada Ukraina sekitar 6,1 miliar dolar.  Menurut Kirby, Amerika Serikat akan terus memperkuat pertahanan Ukraina dan mendukung kedaulatan dan integritas teritorialnya, dilansir Anadolu Agency, Jumat (24/6/2022).

Lebih dari 4.600 warga sipil tewas di Ukraina sejak perang dimulai. Sekitar 15 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka, dengan lebih dari delapan juta pindah ke negara tetangga, menurut data PBB.

sumber : Anadolu Agency
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA