Rabu 28 Jul 2021 07:30 WIB

Rusia Gelar Latihan Militer dengan Tajikistan dan Uzbekistan

Latihan militer Rusia digelar di sekitar 20 kilometer dari perbatasan Afghanistan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Pasukan militer Rusia, ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ANATOLY MALTSEV
Pasukan militer Rusia, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia beserta dua negara Asia Tengah yaitu Tajikistan dan Uzbekistan akan mengadakan latihan militer trilateral pada 5-10 Agustus. Pelatihan itu digelar di sebuah pangkalan pelatihan yang terletak sekitar 20 kilometer dari perbatasan Afghanistan. 

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, lebih dari 1.500 personel militer dan sekitar 300 unit senjata dan peralatan militer akan dilibatkan dalam latihan militer tiga negara tersebut. Pasukan akan melakukan latihan tindakan defensif terhadap invasi oleh kelompok bersenjata dan penghancuran kelompok teroris radikal.

Baca Juga

Sebelum latihan trilateral dimulai, Rusia akan melakukan latihan militer bilateral dengan Uzbekistan di tempat latihan Termez. Tempat latihan itu terletak di daerah yang berbatasan dengan Afghanistan. Latihan militer tersebut digelar dari 30 Juli hingga 10 Agustus.

Sekitar 1.500 prajurit angkatan bersenjata Rusia dan Uzbekistan berpartisipasi dalam latihan tersebut. Selain itu, sekitar 200 unit peralatan militer, termasuk penerbangan dari pangkalan udara Rusia, Kant di Kirgistan, akan ambil bagian dalam latihan di Termez.

Pihak berwenang Rusia telah menyuarakan keprihatinan atas meningkatnya kekerasan di Afghanistan. Peningkatan kekerasan dan serangan Taliban terjadi setelah pasukan asing menarik diri dari Afghanistan. Taliban telah menduduki sejumlah distrik penting Afghanistan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement