Sabtu 27 Feb 2021 01:17 WIB

Ratu Elizabeth: Jangan Egois, Ayo Suntik Vaksin Covid-19

Ratu Elizabeth dan suaminya telah mendapatkan suntikan vaksin bulan lalu.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Friska Yolandha
Ratu Elizabeth II.
Foto: AP
Ratu Elizabeth II.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ratu Elizabeth II, berusia 94 tahun, mendapatkan vaksinasi Covid-19 pertamanya pada bulan lalu. Ratu Elizabeth juga mendorong masyarakat untuk mengikutinya dengan mengatakan divaksin tidak menyakitkan dan mereka yang waspada harus peduli terhadap orang lain.

Suami Ratu Elizabeth yang berusia 99 tahun, Pangeran Philip saat ini dirawat di rumah sakit karena infeksi non-Covid-19. Ia menerima suntikan dari seorang dokter rumah di kediaman Ratu Windsor Castle. Usia telah menempatkan mereka dalam kelompok prioritas peluncuran vaksin corona virus.

Baca Juga

"Setelah kamu mendapatkan vaksin, kamu merasa tahu, kamu terlindungi yang menurut saya sangat penting dan sejauh yang saya bisa lihat itu (vaksin) tidak berbahaya," kata Ratu Elizabeth dalam panggilan video dengan pejabat kesehatan, dilansir dari laman Reuters, Jumat (26/2).

"Itu sangat cepat dan saya mendapat banyak surat dari orang-orang yang sangat terkejut dengan betapa mudahnya mendapatkan vaksin. Dan tusukan (jarumnya) tidak sakit sama sekali," ujarnya.

Lebih dari 18,6 juta warga Inggris telah menerima suntikan vaksin Covid-19 pertama mereka. Selebriti termasuk penyanyi Elton John serta aktor Michael Caine telah bergabung dalam kampanye yang mendorong orang untuk menerima tawaran mendapatkan vaksin.

Menteri vaksin Inggris pekan ini mengatakan bahwa antara 11 persen dan 15 persen publik ragu-ragu untuk mendapatkan suntikan, terutama di antara kelompok etnis minoritas, di tengah teori konspirasi seputar penyuntikan.

"Jelas sulit bagi orang-orang jika mereka belum pernah mendapatkan vaksin karena mereka harus memikirkan orang lain selain diri mereka sendiri,” kata Ratu Elizabeth. 

Ia juga menggambarkan peluncuran vaksinasi di Inggris, salah satu yang tercepat di dunia dan luar biasa. Anggota keluarga kerajaan lainnya, termasuk pewaris takhta Pangeran Charles dan putranya Pangeran William telah mengunjungi pusat vaksinasi selama dua pekan terakhir untuk berterima kasih kepada staf dan sukarelawan atas pekerjaan mereka.

Itu datang, meskipun, di tengah keprihatinan atas kesehatan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh yang dirawat di rumah sakit London pekan lalu dan sejak itu menghabiskan sembilan malam di sana untuk menerima perawatan medis akibat infeksi yang tidak ditentukan. Istana mengatakan, Philip, yang berusia 100 tahun pada bulan Juni 2021 merasa nyaman dengan perawatan, tetapi kemungkinan akan tetap tinggal di rumah sakit selama beberapa hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement