Jumat 30 Oct 2020 00:30 WIB

Kepastian Vaksin Pfizer Diharapkan Lebih Cepat

Inggris percaya vaksin yang dikembangkan Pfizer akan tersedia lebih cepat

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Christiyaningsih
Inggris percaya vaksin yang dikembangkan Pfizer akan tersedia lebih cepat. Ilustrasi.
Foto: EPA/Justin Lane
Inggris percaya vaksin yang dikembangkan Pfizer akan tersedia lebih cepat. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Sumber senior di pemerintah Inggris memperkirakan vaksin Covid-19 dari Pfizer Inc akan tersedia lebih cepat. Utamanya, dari pesaing pembuat vaksin lainnya, AstraZeneca Plc.

Berdasarkan laporan, Inggris juga percaya jika vaksin yang dikembangkan antara Pfizer dan BioNTech SE Jerman dapat siap didistribusikan sebelum Natal. Hal itu juga ditegaskan oleh Chief Executive Pfizer Albert Bourla.

Baca Juga

Mengutip Reuters pada Kamis (29/10), pihak Pfizer juga sebelumnya mengatakan perusahaan dapat merilis data apakah vaksin itu berfungsi atau tidak pada awal November.

Karenanya, produsen obat asal AS tersebut mengatakan awal pekan ini jika uji coba berhasil maka perusahaan mengharapkan untuk mengajukan otorisasi darurat calon vaksin dari regulator AS. Hal itu akan dilakukan segera setelah memiliki data keamanan yang cukup pada akhir November.

Sejauh ini, Inggris telah menyetujui kesepakatan pasokan untuk enam kandidat vaksin termasuk di antaranya berasal dari Pfizer dan AstraZeneca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement