Kamis 24 Sep 2020 12:10 WIB

Rusia Apresiasi Kinerja WHO Tangani Pandemi Covid-19

Respons WHO terhadap pandemi Covid-19 dinilai Rusia tepat waktu

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Logo WHO
Foto: Ist
Logo WHO

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin mengapresiasi kinerja Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam merespons pandemi Covid-19. Menurutnya, langkah-langkah yang telah diambil WHO sudah tepat, termasuk dalam permasalahan waktu.

"Respons WHO terhadap pandemi tepat waktu, profesional, dan tepat. Bersama dengan virus corona, WHO menyelesaikan tugas-tugas penting di bidang perawatan kesehatan. Kami yakin perlu untuk meningkatkan efisiensi organisasi, memperkuat basis sumber dayanya sambil memastikan transparansi dan akuntabilitas kepada komunitas internasional," kata Mishustin saat bertemu Direktur Regional WHO untuk Eropa Hans Kluge pada hari Rabu (23/9), dikutip laman kantor berita Rusia TASS.

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Mishustin mengingat bahwa Kluge resmi ditunjuk sebagai direktur regional WHO untuk Eropa pada Februari atau bertepatan dengan dimulainya pandemi di Benua Biru. "Faktanya, Anda telah bekerja dalam kondisi sulit sejak hari-hari pertama, di garis depan perang melawan ancaman global ini," ucapnya.

Mishustin memuji interaksi Rusia dengan WHO dan Komite Regional untuk Eropa. "Rusia berbagi tujuan strategis WHO dan secara konsisten menyerukan dukungan untuk peran utama organisasi dalam perlindungan kesehatan, kesejahteraan sanitasi, dan epidemiologis. Sebagai salah satu pemimpin dunia, Rusia mengambil bagian aktif dalam kegiatan global dan regional yang bertujuan memerangi virus corona serta sangat mementingkan upaya koordinasi WHO," ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun John Hopkins University, sejauh ini terdapat 31,7 juta kasus Covid-19 di seluruh dunia. Jumlah korban meninggal telah melampaui 975 ribu jiwa. Rusia menempati posisi keempat sebagai negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Negara itu memiliki 1.117.487 kasus dengan 19.720 kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement