Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Longsor di Gunung Himalaya India Tewaskan Empat Pendaki

Kamis 06 Oct 2022 02:15 WIB

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani

Gletser di Pegunungan Himalaya yang mencair.

Gletser di Pegunungan Himalaya yang mencair.

Foto: ABC
Sebanyak 28 orang juga masih dinyatakan hilang akibat longsoran salju Himalaya

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI - Sedikitnya empat orang tewas ketika longsoran salju menimpa sekelompok pendaki gunung di Himalaya India pada Selasa (4/10/2022) waktu setempat. Sebanyak 28 orang juga masih dinyatakan hilang akibat insiden tersebut .

Institut Pendakian Gunung Nehru mengatakan tim pendaki terdiri dari 34 peserta pelatihan dan tujuh instruktur. Mereka tengah berlatih di Gunung Draupadi ka Danda II di negara bagian utara Uttarakhand ketika terjebak dalam longsoran salju sekitar pukul 08.45 waktu setempat.

Kelompok itu kembali dari puncak setinggi 5.670 meter (18.898 kaki). Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung dengan bantuan dari Angkatan Udara India dan pasukan tanggap bencana negara bagian dan nasional.

“Sangat sedih dengan hilangnya nyawa yang berharga karena tanah longsor yang melanda ekspedisi pendakian gunung yang dilakukan oleh Institut Pendakian Gunung Nehru di Uttarkashi," ungkap Menteri Pertahanan India Rajnath Singh melelaui Twitter resminya dikutip laman CNN, Rabu (5/10/2022).

Tahun lalu, lebih dari 200 orang tewas setelah sebagian gletser runtuh di Uttarakhand. Runtuhnya gletser membawa campuran es, batu, dan air yang mematikan yang merobek ngarai gunung dan menabrak bendungan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA