Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

China Kecam Pernyataan Menkeu AS Soal Negaranya

Rabu 14 Jul 2021 09:36 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Menteri Keuangan AS Janet Yellen

Menteri Keuangan AS Janet Yellen

Foto: AP/Jacquelyn Martin
China keberatan dengan front persatuan AS-Eropa melawan pelanggaran HAM China

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China mengecam pernyataan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen tentang 'front persatuan' AS-Eropa' melawan 'praktik ekonomi tak sehat' dan pelanggaran hak asasi manusia China. Pernyataan itu Yellen sampaikan dalam pertemuan dengan pejabat Uni Eropa di Brussels.

"China sangat menyesalkan dan menolak pernyataan Menteri Keuangan Yellen," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhou Lijian, Rabu (14/7).

Baca Juga

Pertemuan Yellen di Brussels bagian dari upaya pemerintah Presiden Joe Biden untuk memperkuat kembali hubungan dengan Eropa, sekutu lama AS setelah hubungan tersebut dirusak kebijakan 'America First' mantan Presiden Donald Trump.

BACA JUGA: Detik-Detik Taliban Eksekusi 22 Personel Pasukan Afghanistan

"Bersama-sama kami perlu melawan ancaman pada prinsip-prinsip keterbukaan, persaingan sehat, transparansi dan akuntabilitas," kata Yellen berdasarkan teks pidato yang dirilis Departemen Keuangan AS.

"Tantangan-tantangan ini termasuk praktik persaingan tidak sehat, perilaku memfitnah dan pelanggaran hak asasi manusia China, semakin kami lawan ancaman ini dengan front persatuan, semakin sukses perlawanannya," tambah Yellen.

Zhou menolak kritik tersebut dengan mengatakan Beijing 'selalu mendukung dengan tegas' sistem perdagangan multilateral di bawah Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Partai Komunis China yang berkuasa juga membantah tuduhan pencurian teknologi.

China juga membantah menekan perusahaan AS atau perusahaan asing lainnya untuk menyerahkan teknologi mereka sementara melindungi teknologinya sendiri dan industri lainnya dari persaingan usaha melanggar komitmen-komitmen WTO.

BACA JUGA: Inggris Siap Kerja Sama dengan Taliban

 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA