Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Dubes AS untuk RI Digeser?

Sabtu 23 Jan 2021 16:15 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah

Duta Besar Amerika Serikat, Sung Yong Kim.

Duta Besar Amerika Serikat, Sung Yong Kim.

Foto: GALIH PRADIPTA/ANTARA
Sung Kim dikabarkan ditunjuk sebagai asisten Menlu untuk urusan Asia Pasifik.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Kim dikabarkan telah ditunjuk sebagai penjabat asisten Menteri Luar Negeri (Menlu) AS untuk urusan Asia Timur dan Pasifik. Penunjukkan ini terjadi di tengah transisi pemerintahan Donald Trump dan presiden baru AS Joe Biden.

Menurut situs web Departemen Luar Negeri AS yang dilansir laman Korea Herald, Kim seorang diplomat Korea-Amerika ditunjuk untuk jabatan asisten menlu urusan Asia Timur dan Pasifik pada Rabu (20/1) lalu. Hingga saat itu, Kim masih menjabat sebagai duta besar AS untuk Indonesia menggantikan Joseph Donovan Jr yang pensiun.

Namun, belum jelas apakah Kim akan secara resmi dicalonkan untuk menjadi asisten menlu untuk urusan Asia Timur dan Pasifik atau apakah dia untuk sementara mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh David Stilwell, yang ditunjuk oleh mantan Presiden Donald Trump?

Pengunduran diri dari semua pejabat politik mantan presiden Trump menjadi efektif pada tengah hari pada Rabu saat Joe Biden dilantik sebagai presiden. Direktur Institut Layanan Luar Negeri AS Daniel Smith ditunjuk sebagai penjabat menlu menggantikan Mike Pompeo.

Smith ditetapkan untuk melayani hanya sampai calon menlu pilihan Biden, Antony Blinken dikonfirmasi oleh Senat. Sidang konfirmasi Senat untuk Blinken diadakan Rabu dan diputuskan Senin mendatang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA