Senin 26 Oct 2020 22:47 WIB

China Sanksi Perusahan AS Jual Senjata ke Taiwan

Sanksi menjadi bentuk protes China terhadap AS yang membantu Taiwan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Bendera China.
Foto: ABC News
Bendera China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China akan menjatuhkan sanksi pada entitas Amerika Serikat (AS) yang berpartisipasi dalam penjualan senjata ke Taiwan, Senin (26/10). Langkah itu bentuk protes keras Beijing terhadap Washington yang membantu Taipei.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menyatakan, perusahan-perusahan tersebut adalah Lockheed Martin, Boeing Defense, dan Raytheon. Dia tidak mengatakan tindakan apa yang akan terjadi.

Baca Juga

"Untuk melindungi kepentingan nasional kami, China memutuskan untuk mengambil tindakan yang diperlukan dan mengenakan sanksi kepada perusahaan AS seperti Lockheed Martin, Boeing Defense, dan Raytheon, serta individu dan perusahaan yang berperilaku buruk dalam proses penjualan senjata," kata Zhao.

China sebelumnya telah memberi sanksi kepada perusahaan AS di masa lalu, termasuk Lockheed Martin, karena menjual senjata ke Taiwan. Meskipun, sanksi tersebut tidak jelas dalam pengaplikasiannya.

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan tiga sistem senjata ke Taiwan, termasuk sensor, rudal, dan artileri. Pentagon menyatakan, penjualan tersebut memiliki nilai total hingga 1,8 miliar dolar AS.

AS seperti kebanyakan negara lain, tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan. Namun, Washington terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau itu sarana untuk mempertahankan diri, termasuk dari ancaman Beijing yang menempatkan Taipei sebagai salah satu provinsinya.

Pemerintahan Trump telah meningkatkan dukungan untuk Taiwan melalui penjualan senjata dan kunjungan pejabat senior AS. Langkah itu menambah ketegangan dalam hubungan antara Beijing dan Washington, yang sudah memanas akibat perselisihan tentang Laut China Selatan, Hong Kong, hak asasi manusia, dan perdagangan. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement