Kamis 19 Mar 2020 22:19 WIB

KTT ASEAN Ditunda Sampai Akhir Juni Akibat Pandemi Corona

KTT ASEAN di Vietnam ditunda sampai akhir Juni menyusul pandemi corona.

PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengabarkan KTT ASEAN ditunda penyelenggaraannya hingga akhir Juni.
Foto: Thong Nhat/Vietnam News Agency via AP
PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengabarkan KTT ASEAN ditunda penyelenggaraannya hingga akhir Juni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN yang dijadwalkan berlangsung di Vietnam awal April ditunda sampai akhir Juni. Pengunduran tersebut ditempuh karena kekhawatiran terkait penyebaran virus corona, menurut Kementerian Luar Negeri Vietnam, Kamis.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc telah menginformasikan penundaan itu kepada para pemimpin negara-negara anggota ASEAN. KTT ke-36 ASEAN tadinya akan diselenggarakan pada 6-9 April di Vietnam, negara yang menjadi ketua tahun ini.

Baca Juga

Keputusan penundaan muncul setelah Vietnam pada 17 Maret mengumumkan bahwa negara itu akan memberlakukan kewajiban karantina bagi semua pengunjung dari Amerika Serikat, Eropa, dan negara-negara ASEAN. Vietnam juga menangguhkan pemberian visa bagi semua warga negara asing.

Wabah virus corona, yang telah membunuh hampir 9.000 orang di seluruh dunia dan hingga Kamis menjangkiti 76 orang di Vietnam, juga membuat pertemuan ASEAN dengan Amerika Serikat dibatalkan. Pertemuan ASEAN-AS itu sebelumnya dijadwalkan dilangsungkan pada 14 Maret.

ASEAN (Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara), terdiri dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement