Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Setelah APEC, SBY Langsung Hadiri KTT ASEAN

Rabu 09 Oct 2013 20:11 WIB

Rep: Esthi Maharani / Red: Djibril Muhammad

Presiden SBY

Presiden SBY

Foto: biographypeople.info -

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah penyelenggaraan KTT APEC 2013 di Bali usai, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta ibu Ani Yudhoyono langsung bertolak ke Brunai Darussalam.

Ia akan menghadiri 23rd ASEAN Summit di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Selain 10 pemimpin negara ASEAN ditambah dengan Cina, Jepang dan Korea Selatan akan bergabung pula dalam pertemuan ini pada pemimpin dari Rusia, Amerika Serikat dan India.

Pertemuan ini memberikan kesempatan kepada para pemimpin negara anggota ASEAN untuk terlibat dalam strategi kunci, isu politik dan ekonomi yang menjadi perhatian bersama dengan tujuan untuk mempromosikan stabilitas dan kesejahteraan ekonomi di kawasan ASEAN.

23rd ASEAN Summit bertemakan 'Our People, Our Future Together.' Tema ini menekankan pada peran dari masyarakat di negara-negara anggota ASEAN dalam memajukan kerja sama di kawasan ASEAN dalam bidang Keamanan-Politik, ekonomi dan sosial budaya.

Beberapa Agenda 23rd ASEAN Summit  yang akan dilakukan pada hari pertama, Rabu (9/10) di antaranya adalah Pertemuan Bilateral dengan Jepang yang ke 16 (16th ASEAN-Japan Summit), Pertemuan dengan
Korea Selatan yang ke-16 (16th ASEAN-Republic of Korea Summit), dan Pertemuan Bilateral pertama dengan Amerika Serikat (1st ASEAN-U.S. Summit).

Kemudian hari kedua, 23rd ASEAN Summit (10/10) akan dilakukan 16th ASEAN Plus Three Summit, 8th East Asia Summit (EAS), Pertemuan Bilateral ke-11 dengan India (11th ASEAN-INDIA Summit), Pertemuan Bilateral dengan Perserikatan Bangsa-bangsa yang kelima (5th ASEAN-U.N. Summit).

Selanjutnya pelaksanaan 23rd ASEAN Summit akan ditutup dengan penyerahan Keketuaan ASEAN dari Brunei Darussalam kepada Myanmar sebagai Ketua ASEAN untuk pertama kalinya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA