Jumat 19 Aug 2022 15:18 WIB

AS Beri Ceko Delapan Helikopter Militer

Helikopter itu menambah 12 helikopter yang sudah dipesan sebelumnya.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Helikopter. Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) mengatakan Washington akan mengirimkan delapan helikopter militer Bell ke Republik Ceko gratis.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Helikopter. Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) mengatakan Washington akan mengirimkan delapan helikopter militer Bell ke Republik Ceko gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) mengatakan Washington akan mengirimkan delapan helikopter militer Bell ke Republik Ceko gratis. Kementerian Pertahanan Ceko mengatakan pemberian itu pengakuan dari negara Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) atas bantuan Ceko ke Ukraina.

Ceko hendak mempercepat modernisasi angkatan bersenjatanya dari peralatan zaman Uni Soviet. Termasuk armada helikopternya dan mereka juga mengirimkan banyak perangkat keras ke Ukraina.

Baca Juga

"Hal ini menunjukkan sikap jelas dan tak tergoyahkan kami sejak invasi Rusia ke Ukraina terbayarkan," kata Menteri Pertahanan Ceko Jana Cernochova seperti dikutip surat kabar Hospodarske Noviny, Jumat (19/8/2022).

"Tidak hanya mendapatkan penghormatan dari sekutu-sekutu kami, upaya kami membantu membantu Ukraina, tapi kami juga menerima bantuan mereka dalam memodernisasi angkatan bersenjata kami," tambahnya.

Helikopter-helikopter itu menambah 12 helikopter yang sudah dipesan sebelumnya. Kedutaan Besar AS di Praha mengatakan selain biaya pengiriman dan pembaharuan, Ceko tidak perlu membayar biasa apa-apa.  

"Dengan bahagia kami mengkonfirmasi pengiriman 6 AH-1Z dan 2 UH-1Y dibawah program Excess Defense Articles," kata kedutaan.

Dengan pengiriman ini Ceko akan memiliki 10 helikopter serang viper AH-1Z dan 10 helikopter utilitas Viper UH-1Y. Pemesan sebelumnya akan tiba ada tahun 2023.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement