Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Omicron BA.5 Kini Jadi Subvarian Covid-19 yang Dominan di AS

Kamis 07 Jul 2022 12:11 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Penyebaran omicron BA.4 dan BA.5. Subvarian omicron BA.5 telah menjadi strain Covid-19 yang dominan di Amerika Serikat (AS).

Penyebaran omicron BA.4 dan BA.5. Subvarian omicron BA.5 telah menjadi strain Covid-19 yang dominan di Amerika Serikat (AS).

Foto: Republika
Sebanyak 53,6 persen dari seluruh kasus di AS dipicu oleh omicron BA.5.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Subvarian omicron BA.5 sekarang terpantau sebagai strain Covid-19 yang dominan di Amerika Serikat (AS). Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), BA.5 kini menyumbang 53,6 persen dari seluruh kasus nasional.

 

Baca Juga

Pusat Sumber Daya Coronavirus Johns Hopkins menunjukkan ada 179.507 kasus Covid-19 baru dan lebih dari 430 kematian dalam satu hari terakhir. Itu bisa jadi belum tercatat seluruhnya. Sebab, menurut The New York Times, hanya 23 negara bagian AS yang sekarang merilis data baru sepekan sekali.

Selain itu, jumlah tes juga telah berkurang, padahal virus terus menginfeksi. Vaksinasi dan kekebalan alami dari infeksi menawarkan tingkat perlindungan terhadap kasus penyakit parah, namun perlindungan vaksin disinyalir juga semakin berkurang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA