Jumat 04 Mar 2022 09:36 WIB

CDC: Lebih Dari 90 Persen Populasi AS Tinggal di Wilayah Bebas Masker

CDC melonggarkan pedoman tentang kapan orang AS mengenakan masker dalam ruangan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada Kamis (3/3/2022) mengatakan, sekitar 93 persen populasi AS tinggal di lokasi di mana tingkat Covid-19 cukup rendah sehingga orang tidak perlu memakai masker di dalam ruangan. Ilustrasi
Foto: www.freepik.com
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada Kamis (3/3/2022) mengatakan, sekitar 93 persen populasi AS tinggal di lokasi di mana tingkat Covid-19 cukup rendah sehingga orang tidak perlu memakai masker di dalam ruangan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada Kamis (3/3/2022) mengatakan, sekitar 93 persen populasi AS tinggal di lokasi di mana tingkat Covid-19 cukup rendah. Dengan demikian, orang tidak perlu memakai masker di dalam ruangan.

Pada Jumat (4/3/2022), CDC secara dramatis melonggarkan pedoman Covid-19 tentang kapan orang Amerika harus mengenakan masker di dalam ruangan. Orang-orang dapat menanggalkan masker mereka di wilayah county atau setingkat kabupaten yang tingkat infeksinya digolongkan oleh CDC sebagai rendah atau sedang.

Baca Juga

Data terbaru menunjukkan adanya peningkatan jumlah wilayah semacam itu hanya dalam sepekan, yang menjadi indikasi bahwa tingkat rawat inap Covid-19-tolok ukur utama untuk rekomendasi baru penggunaan masker-terus turun. Ketika mengumumkan pedoman yang direvisi, CDC mengatakan sekitar 70 persen dari wilayah AS dan 72 persen dari populasi AS berada di komunitas di mana masker dalam ruangan tidak lagi direkomendasikan. 

CDC berencana untuk memperbarui peringkat wilayah setiap minggu. Badan tersebut mengatakan pada Kamis bahwa 85,4 persen dari wilayah-wilayah itu sekarang berada di peringkat risiko rendah atau menengah dan 92,9 persen dari populasi tinggal di wilayah tersebut.

Pemerintahan Biden harus menentukan apakah akan memperpanjang persyaratan masker untuk pusat transit dan di pesawat terbang, kereta api, dan bus. Perintah masker transit saat ini berakhir pada 18 Maret tetapi dapat diperpanjang. 

Gedung Putih mengatakan minggu ini masalah tersebut sedang dievaluasi. Pedoman penggunaan masker yang diumumkan minggu lalu tidak lagi fokus pada tingkat penularan Covid-19, tapi bergeser ke tingkat rawat inap lokal, kapasitas rumah sakit, dan tingkat infeksi.

Berdasarkan pedoman sebelumnya, 95 persen wilayah di AS dianggap mengalami penularan tinggi, sehingga hanya 5 persen wilayah yang dapat mengabaikan persyaratan masker dalam ruangan. Semakin banyak lembaga federal telah memberitahu pegawai pemerintah minggu ini bahwa mereka dapat berhenti mengenakan masker di dalam ruangan di gedung-gedung federal di area Washington, DC dan area Covid-19 rendah atau menengah lain, termasuk Departemen Luar Negeri, Pentagon, Departemen Transportasi, Badan Penerbangan Federal, dan Departemen Kehakiman.

Gedung Putih mengarahkan badan-badan untuk merevisi aturan pemakaian masker dan pengujian pegawai federal selambat-lambatnya pada Jumat hari ini, menurut sebuah memo pada Senin (28/2/2022) yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters. Pedoman ini mencakup sekitar 3,5 juta karyawan di badan-badan federal.

Di wilayah-wilayah dalam komunitas dengan tingkat Covid-19 yang rendah, lembaga federal juga tidak perlu secara teratur memeriksa karyawan yang tidak divaksin untuk Covid-19, kata pedoman itu.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement